Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Sekolah Di SD Negeri 234 Mattirowalie Kecamatan Kindang Kabupaten Bulukumba

A. Nurlia, A. Nurlia (2015) Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Sekolah Di SD Negeri 234 Mattirowalie Kecamatan Kindang Kabupaten Bulukumba. S1 thesis, Pascasarjana.

[img] Text
ARTIKEL.docx

Download (61kB)

Abstract

ABSTRAK Tujuan dari penelitian ini adalah (i) Untuk mengetahui pelaksanaan manajemen peningkatan mutu Berbasis Sekolah di SD Negeri 234 Mattirowalie Kecamatan Kindang Kabupaten Bulukumba, (ii) Untuk mengetahui faktor-faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan manajemen peningkatan mutu Berbasis Sekolah di SD Negeri 234 Mattirowalie Kecamatan Kindang Kabupaten Bulukumba. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan penelitian adalah studi kasus pada tingkat organisasi sekolah. Penelitian ini menggambarkan secara mendalam Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Sekolah Di SD Negeri 234 Mattirowalie Kecamatan Kindang Kabupaten Bulukumba. Sumber data dalam penelitian ini ditetapkan secara purposive, dengan pengumpulan data melalui wawancara dan observasi yang diabsahkan melalui triangulasi dan member chek. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (i) pelaksanaan manajemen peningkatan mutu berbasis sekolah di SD Negeri 234 Mattirowalie Kecamatan Kindang Kabupaten Bulukumba tahun 2014 sudah berjalan sesuai dengan mekanisme yang ada, (ii) faktor-faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan manajemen peningkatan mutu berbasis sekolah yakni faktor internal berupa kekuatan pendukung yakni adanya antusiasme dari warga sekolah dalam melaksanakan program MBS, sedangkan yang menjadi kelemahan adalah kurang objektifnya komponen yang dilibatkan dalam pengumpulan data. Faktor eksternal berupa peluang dan tantangan. Adapun yang menjadi peluang adalah karena kegiatan ini sifatnya nasional, sehingga ini menjadi peluang bagi sekolah untuk bekerja maksimal dan memanfaatkan hasilnya untuk mengembangkan sekolahnya, sedangkan yang menjadi tantangan adalah kejujuran warga sekolah dalam melakukan manajemen berbasis sekolah.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > ADMINISTRASI PENDIDIKAN - (S2)
PASCASARJANA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 26 Apr 2018 00:40
Last Modified: 26 Apr 2018 00:40
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/8087

Actions (login required)

View Item View Item