“Pengembangan Media Pembelajaran Mata Kuliah Tata Rias Pengantin Nasional Berbasis Komputer Untuk Meningkatkan Kreativitas Mahasiswa Jurusan PKK Fakultas Teknik UNM”

HARDIYANTI SYAM, SITTI (2017) “Pengembangan Media Pembelajaran Mata Kuliah Tata Rias Pengantin Nasional Berbasis Komputer Untuk Meningkatkan Kreativitas Mahasiswa Jurusan PKK Fakultas Teknik UNM”. S1 thesis, Pascasarjana.

[img] Text
8. BAB I.docx diyan revisi 2.docx

Download (23kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kondisi pembelajaran mata kuliah tata rias pengantin nasional dan mengetahui tahapan pengembangan media pembelajaran mata kuliah tata rias pengantin berbasis komputer serta mengetahui kevalidan, kepraktisan dan kefektifan hasil pengembangan media pembelajaran berbasis komputer pada mata kuliah tata rias jurusan PKK Fakultas Teknik UNM. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan Research and Development (R&D) dan menggunakan model pengembangan ADDIE. Penelitian ini dilakukan di prodi tata rias jurusan PKK FT UNM. Subjek dalam penelitian ini adalah 12 orang mahasiswa prodi tata rias angkatan 2014 dan 2015. Pada tahap pengembangan media pembelajaran dipilih dua validator secara sengaja dan kedua validator tersebut memahami tentang langkah-langkah pengembangan media pembelajaran berbasis komputer. Teknik analisa data menggunakan teknik analisis statistik deskriptif dari perhitungan persentase serta melihat kriteria rentang presentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kondisi pembelajaran mata kuliah tata rias saat ini belum efektif karena cara mengajar masih berorientasi guru. Prosedur pengembangan media pembelajaran dimulai dari tahap analisis, design, development, implementation, dan evaluation. Selanjutnya, Media pembelajaran berbasis komputer yang telah dikembangkan setelah dilakukan validasi ahli dinyatakan valid. Media pembelajaran dikatakan praktis karena seluruh aspek dalam pembelajaran berada pada kategori sangat baik. Media pembelajaran berbasis komputer dikatakan efektif karena telah memenuhi kriteria keefektifan, dengan hasil memenuhi syarat kevalidan, analisis data pengamatan aktivitas peserta didik pada media pembelajaran berbasis komputer menunjukkan bahwa media pembelajaran berbasis komputer tersebut praktis dan efektif untuk dikembangkan dan berada pada kategori baik Disimpulkan bahwa media pembelajaran berbasis komputer yang dikembangkan memenuhi kategori valid, efektif, dan praktis sehingga layak untuk digunakan.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 26 Apr 2018 00:24
Last Modified: 26 Apr 2018 00:24
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/8083

Actions (login required)

View Item View Item