Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Bina Diri yang Memandirikan Anak Embisil

Sarmin, P (2014) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Bina Diri yang Memandirikan Anak Embisil. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
Sarmin P..docx

Download (15kB)

Abstract

ABSTRAK Sarmin P, 2014. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Bina Diri yang Memandirikan Anak Embisil (Dibimbing oleh M. Asfah Rahman dan Muharram). Penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran berbasis bina diri yang memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif. Produk yang dikehendaki dalam penelitan ini adalah perangkat pembelajaran yang valid, praktis, dan efektif. Produk tersebut terdiri dari lima komponen yaitu: Buku Modul, Buku Petunjuk Guru, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Lembar Kegiatan Latihan Bina Diri Siswa (LKLBDS), dan Tes Hasil Latihan Bina Diri Siswa (LTHLBDS). Proses pengembangan perangkat pembelajaran menggunakan model 4-D Thiagarajan yang terdiri dari empat tahap, yaitu tahap pendefinisian (define), tahap perancangan (design), tahap pengembangan (develop), dan tahap penyebaran (disseminate). Hasil penelitian menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran yang dikembangkan dinyatakan valid, praktis, dan efisien berdasarkan penilaian validator dan hasil ujicoba yang dilaksanakan di sekolah. Kevalidan perangkat pembelajaran berbasis bina diri diukur berdasarkan penilaian hasil validasi para ahli (validator) yang memenuhi kriteria kevalidan yang meliputi: (1) Buku Modul, (2) Buku Petunjuk Guru, (3) Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, (4) Lembar kegiatan Latihan Bina Diri Siswa, dan Tes Hasil Latihan Bina Diri Siswa yang telah digunakan oleh guru dan siswa. Dalam uji ahli terhadap Buku Modul, Buku Petunjuk Guru, RPP, LKLBDS, dan Kisi-kisi lembar kegiatan bina diri siswa mengalami sedikit revisi sebelum diujicobakan di lapangan sampai diperoleh perangkat yang memenuhi kriteria kevalidan. Ini menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran yang dihasilkan berada pada kategori valid. Kepraktisan perangkat pembelajaran diukur berdasarkan pengamatan keterlaksanaan perangkat pembelajaran di kelas yang ditunjukkan dengan terpenuhinya kategori terlaksana seluruhnya. Keefektifan perangkat ditunjukkan dengan terpenuhinya empat indikator keefektifan yang ditetapkan antara lain: (1) persentase rata –rata tes hasil latihan bina diri yang mencapai ketuntasan sebesar 100%, (2) terpenuhinya lima aktivitas siswa, (3) respon positif siswa terhadap proses pembelajaran sebesar 95,84%, (4) kemampuan guru mengelola pembelajaran berada pada kategori sangat baik, perangkat pembelajaran yang dikembangkan memenuhi kualitas yang baik. ABSTRACT Sarmin P. 2014. Developing Self Development-based Learning Tools to Make Mento9l Deficiency Children Independent (Supervised by M. Asfah Rahman and Muharram). The student was a development research which aimed at producing self development-based learning tools which fulfilled the criteria of valid, practical, and efective. The pruduct consisted of five components, namely module teacher,s manual, lesson plan, student,s worksheet for self development, and the test result of student,s self development. The development process of learning tools employed 4-D Thiagarajan which consisted of four stages, namely defining stage, design stage, development stage, and dissemination stage. The results of the study revealed that the learning tools developed was valid, practical, and eficient based on the evaluation from the experts and the tryout results conducted in shool. The validity of self development-based learning tools was measured based on the result of evaluation from the expert which fulfilled the criteria of validity which covered (1) module, (2) teacher,s manual, (3) lesson plan, (4) student,s worksheet for self development and the test result of student,s self development, which have been used by the teacher and students. Mminor revision was made on the evaluation of the module, teacher,s manual, lesson plan, student,s worksheet for self development and the example of questions of student,s self development before the tryout was conducted in the field until the criteria of validity was obtained. It indicated that the learning tools produced was in valid category. The practicality of learning tools was measured based on the observation of the implementation of the tools in class which indicated that the category of completely implemented was fulfilled. The effectiveness og the learning tools was indicated by the fulfillment of four indicators of effectiveness, those were (1) the percentage of the test result of self development practice obtained 100% of matery, (2) the achievement of five activities, (3) positive respons of students on learning process which obtained 95,84%, and (4) teacher,s ability in managing the lesson was in excellent category, which indicated that the learning tools developed was a good quality.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > Pendidkan
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 28 Jun 2016 05:16
Last Modified: 28 Jun 2016 05:16
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/808

Actions (login required)

View Item View Item