Pengembangan Perangkat Asesmen Autentik pada Pembelajaran Matematika Aljabar Materi Eksponen di Kelas X M.A. YMPI Rappang

HASAN, MUHLIS (2015) Pengembangan Perangkat Asesmen Autentik pada Pembelajaran Matematika Aljabar Materi Eksponen di Kelas X M.A. YMPI Rappang. S1 thesis, Pascasarjana.

[img] Text
ARTIKEL muhlis.docx

Download (96kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and Development) yang bertujuan untuk mengembangkan Perangkat Asesmen Autentik pada Pembelajaran Pembelajaran Matematika Aljabar untuk materi pokok Eksponen pada Peserta didik Kelas X MAS YMPI RAPPANG Kabupaten Sidrap. Subjek penelitian ini adalah Peserta didik kelas X MAS YMPI RAPPANG sebanyak 25 orang terdiri dari 9 orang laki-laki dan 16 orang perempuan. Prosedur pengembangan instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah proses pengembangan instrumen asesmen autentik menurut Djaali & Muljono (2008: 60) dengan langkah-langkah sebagai berikut: 1) mengembangkan dimensi dan indikator dari variabel penelitian, 2) membuat kisi-kisi instrumen, 3) menetapkan besaran atau parameter, 4) menjabarkan butir-butir instrumen ke dalam bentuk pertanyaan dan pernyataan, 5) tahap validasi pakar, 6) revisi atau perbaikan berdasarkan saran dari pakar, 7) penggandaan instrumen secara terbatas untuk keperluan uji coba, 8) uji coba instrumen di lapangan, 9) menentukan validitas dan reliabilitas instrumen,. Perangkat asesmen autentik pada pembelajaran dengan pendekatan scientific yang telah dikembangkan, telah divalidasi oleh pakar dan praktisi serta telah diujicobakan sehingga didapatkan hasil yang layak digunakan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perangkat asesmen autentik pada pembelajaran Matematika bersifat valid dan reliabel. Perangkat asesmen autentik yang telah memenuhi kriteria valid dan reliabel secara rasional maupun empirik meliputi instrumen penilaian sikap: Lembar Observasi Sikap Spiritual, Rubrik dan Lembar Observasi Sikap Sosial. Instrumen penilaian pengetahuan: 1) Kisi-Kisi Tes, 2) Tes Kompetensi, 3) Rubrik dan Lembar Penilaian Tes Kompetensi. Instrumen penilaian keterampilan: 1) Tes Kinerja, dan 2) Rubrik dan Lembar Kerja

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA
PASCASARJANA > MATEMATIKA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 25 Apr 2018 06:28
Last Modified: 25 Apr 2018 06:28
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/8071

Actions (login required)

View Item View Item