Perbandingan hasil belajar IPS yang diajar dengan Model Kooperatif Tipe Jigsaw dan Tipe Teams Games Tournament Kelas IV SD Inpres Bertingkat Kelapa Tiga Kota Makassar

SJAMSIAH, SJAMSIAH (2017) Perbandingan hasil belajar IPS yang diajar dengan Model Kooperatif Tipe Jigsaw dan Tipe Teams Games Tournament Kelas IV SD Inpres Bertingkat Kelapa Tiga Kota Makassar. S1 thesis, Pascasarjana.

[img] Text
artikel.docx

Download (53kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan (i) untuk mengetahui hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran IPS dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament; (ii) gambaran penerapan model kooperatif tipe Jigsaw dan tipe Teams Games Tournament; (iii) untuk mengetahui perbedaan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran IPS yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dan tipe Teams Games Tournaments. Penelitian yang digunakan dalam penelitian True-Experimental Design dengan desain pretest-possttest control group design. Teknik pengumpulan data melalui observasi dan tes hasil belajar. Populasinya adalah peserta didik kelas tinggi/atas yang berada di SD Inpres Bertingkat Kelapa Tiga yang masing-masing terdiri dari dua rombel dengan jumlah siswa sebanyak 52 orang. Penyampelan diperoleh 46 siswa sebagai sampel. Selanjutnya ditentukan kelompok eksperimen sebanyak 23 orang siswa dan kelompok kontrol sebanyak 23 orang peserta didik. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Hasil belajar pretes kelompok eksperimen sebelum diajar dengan model kooperatif tipe Jigsaw berada pada kategori “cukup” dan setelah diberikan perlakuan meningkat menjadi kategori “baik” sedangkan hasil belajar pretes kelompok kontrol sebelum diajar dengan model kooperatif tipe Teams Games Tournament dikategorikan “cukup” dan setelah diberikan perlakuan dikategorikan “baik”.Gambaran penerapan model kooperatif tipe Jigsaw yang terdiri dari pengelompokan siswa, pemberian mateti, kelompok ahli, diskusi kelompok ahli dan persentase materi pada dasarnya terlaksana dengan “baik” begitupun pada penerapan model kooperatif tipe TGT yang terdiri dari pembentukan kelompok, pemberian materi, belajar kelompok, turnamen juga terlaksana dengan “baik”. Terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar IPS peserta didik yang menggunakan model kooperatif tipe jigsaw dengan hasil belajar IPS peserta didik yang menggunakan kooperatif tipe Teams Games Tournament pada siswa kelas IV SD Inpres Bertingkat Kelapa Tiga dengan nilai thitung 23,693 > ttabel 2,01537.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > IPS Kekhususan Pend. ke SD AN s2
PASCASARJANA > IPS Kekhususan Pend. ke SD AN s2
PASCASARJANA > IPS Kekhususan Pend. ke SD AN s2

PASCASARJANA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 25 Apr 2018 05:58
Last Modified: 25 Apr 2018 05:58
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/8060

Actions (login required)

View Item View Item