Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pada Siswa Kelas V SD Inpres Buttadidia Kecamatan Sombaopu, Kabupaten Gowa.

HAKIM, ZULHADI (2014) Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pada Siswa Kelas V SD Inpres Buttadidia Kecamatan Sombaopu, Kabupaten Gowa. Diploma thesis, FIP.

[img]
Preview
Text
12.pdf

Download (59kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Masalah dalam penelitian ini adalah Rendahnya hasil belajar Matematika siswa kelas V pada SD Inpres Buttadidia, Kecematan Sombaopu, Kabupaten Gowa, yang diakibatkan oleh model pembelajaran yang digunakan cenderung monoton sehingga membuat siswa menjadi pasif dalam pembelajaran. Pembelajaran yang dilakukan tidak mengadaptasikan realita sebagai konsep matematika sehingga siswa merasa bahwa pelajaran matematika itu sukar dan cenderung untuk menyontek pekerjaan temannya oleh karena itu masalah rendahnya hasil belajar matematika siswa kelas V pada SD Inpres Buttadidia, Kecamatan Sombaopu, Kabupaten Gowa, dapat dipecahkan melalui penerapan pendekatan snowball throwing.Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah penerapan pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball throwing dapat meningkatkan hasil belajar Matematika pada Siswa Kelas V SD Inpres Buttadidia, Kec. Sombaopu, Kab. Gowa?. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar Matematika melalui pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing pada Siswa Kelas V SD Inpres Buttadidia, Kec. Sombaopu Kab. Gowa. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini pendekatan kualitatif. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini terdiri dari 2 siklus. Tiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subyek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V SD Inpres Buttadidia Kec. Sombaopu Kab. Gowa tahun pelajaran 2013/2014 sebanyak 24 orang siswa yang terdiri dari 14 orang laki-laki dan 10 orang perempuan. Fokus dalam penelitian ini adalah penerapan pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing dan hasil belajar matematika. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yaitu di analisis secara kuantitatif dan kualitatif. Data hasil observasi dianalisis secara kualitatif sedangkan hasil belajar Matematika berupa tes dianalisis secara kuantitatif. Pada siklus I hasil observasi guru dan siswa dalam kategori cukup dan hasil observasi pada siklus II dalam kategori baik. Hasil belajar Matematika atau ketuntasan belajar siswa berada dalam kategori sedang sedangkan pada siklus II mengalami peningkatan berada dalam kategori tinggi. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa melalui model pembelajaran tipe Snowball Throwing dapat meningkatkan hasil belajar matematia pada siswa kelas V SD Inpres Buttadidia, Kec. Sombaopu, Kab. Gowa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ILMU PENDIDIKAN
ILMU PENDIDIKAN > PGSD
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 25 Apr 2018 03:07
Last Modified: 25 Apr 2018 03:07
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/8050

Actions (login required)

View Item View Item