Penerapan Metode Eksperimen Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Di Kelas V SD Negeri Sudirman III Makassar.

SUMARNI, SUMARNI (2014) Penerapan Metode Eksperimen Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Di Kelas V SD Negeri Sudirman III Makassar. Diploma thesis, FIP.

[img]
Preview
Text
9.pdf

Download (224kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA. Rumusan masalah yaitu bagaimanakah penerapan metode eksperimen dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas V SD Negeri Sudirman III Makassar. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui dan mendeskripsikan penerapan metode eksperimen dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas V SD Negeri Sudirman III Makassar. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif sedangkan jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Fokus penelitian adalah penerapan metode eksperimen dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas V. Subjek penelitian adalah 1 orang guru dan 39 siswa kelas V yang terdiri dari 17 laki-laki dan 22 perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yaitu analisis data deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan pada proses aktivitas mengajar guru dan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran IPA di kelas V. Peningkatan tersebut dapat diihat dari hasil observasi aktivitas mengajar guru dan aktivitas belajar siswa pada setiap siklus. untuk proses aktivitas mengajar guru diperoleh data dari setiap siklus yaitu siklus I berada pada kategori cukup dan pada siklus II mengalami peningkatan yaitu berada pada kategori baik. Sedangkan untuk aktivitas belajar siswa juga mengalami peningkatan dari setiap siklusnya yaitu pada siklus I berada pada kategori cukup dan pada siklus II berada pada kategori baik. Berdasarkan peningkatan aktivitas belajar siswa pada setiap siklusnya menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar pada mata pelajaran IPA di kelas V. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil belajar siswa pada setiap siklusnya. Pada siklus I dikategorikan kurang dikarenakan penerapan metode eksperimen pada pembelajaran belum sepenuhnya dilaksanakan dengan baik, namun pada siklus II dikategorikan sangat baik, hal ini menunjukkan bahwa metode eksperimen dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA.   PRAKATA Puji Syukur Alhamdulillah penulis panjatkan karena atas berkat, rahmat, taufik, dan hidayah-Nya sehingga skripsi yang berjudul “Penerapan Metode Eksperimen untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA di Kelas V SD Negeri Sudirman III Makassar” ini dapat terselesaikan dengan baik. Tak lupa salam dan shalawat selalu tercurahkan kepada Nabi Muhammad SAW, Nabi yang bertindak sebagai rahmatan lilalamin. Skripsi ini merupakan tugas akhir dalam memenuhi persyaratan untuk memperoleh gelar sarjana pendidikan pada Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Negeri Makassar. Penulis menyadari bahwa dalam penyusunan skripsi ini terdapat banyak kekurangan dan dalam proses penyusunannya banyak mengalami kendala, namun berkat bantuan, bimbingan, kerjasama dari berbagai pihak dan berkah dari Allah SWT, segala kekurangan dapat diperbaiki dan kendala-kendala yang dihadapi dapat teratasi. Tak lupa pula penulis menyampaikan ucapan terima kasih dengan segala kerendahan hati kepada Dra. St. Nursiah B., M.Pd selaku pembimbing I dan Nurhaedah, S.Pd, M.Pd selaku pembimbing II yang dengan sabar, tekun dan ikhlas meluangkan waktu, tenaga dan pikiran untuk memberikan bimbingan, motivasi, arahan serta saran-saran yang berharga kepada penulis selama penyusunan skripsi berlangsung. Pada kesempatan ini penulis juga menyampaikan

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ILMU PENDIDIKAN
ILMU PENDIDIKAN > PGSD
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 25 Apr 2018 02:55
Last Modified: 25 Apr 2018 02:55
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/8047

Actions (login required)

View Item View Item