Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TwoStay TwoStray Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V SDN Benteng Timur Kecamatan Benteng Kabupaten Kepulauan Selayar

Husna, Nur (2014) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TwoStay TwoStray Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V SDN Benteng Timur Kecamatan Benteng Kabupaten Kepulauan Selayar. Diploma thesis, FIP.

[img] Text
bab 1.docx

Download (41kB)

Abstract

ABSTRAK Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar IPS pada kelas V SDN Benteng Timur Kecamatan Benteng Kabupaten Kepulauan Selayar. Rumusan masalah adalah bagaimanakah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TwoStay TwoStray dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V pada pembelajaran IPS di SDN Benteng Timur Kecamatan Benteng Kabupaten Kepulauan Selayar?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui mengetahui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TwoStay TwoStray dalam meningkatkan hasil belajar IPS di kelas V SDN Benteng Timur Kecamatan Benteng Kabupaten Kepulauan Selayar.Subyek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Benteng Timur Kecamatan Benteng Kabupaten Kepulauan Selayar berjumlah 16 orang terdiri dari 8 siswa perempuan dan 8 siswa laki-laki, dan guru kelas V. Penelitian ini dilaksanakan 2 siklus. Tiap siklus memiliki 4 tahapan yaitu Perencanaan, Pelaksanaan, Pengamatan, dan Reflleksi.Hasil penelitian untuk aktivitas mengajar guru pada siklus I dikategorikan baik. Sedangkan aktivitas mengajar guru pada siklus 2 menunjukkan bahwa guru dapat menerapkan langkah-langkah model pembelajaran kooperatif Tipe Twostay Twostray dengan maksimal sehingga aktivitas mengajr guru pada siklus 2 dikategorikan sangat baik. Hasil penelitian untuk hasil belajar siswa pada siklus 1 berada pada kategori sedang dan pada siklus 2 dikategorikan sangat tinggi. Dengan demikian terjadi peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS. Terjadinya peningkatan hasil belajar IPS siswa tidak terlepas dari perbaikan aktivitas mengajar guru dalam menerapkan langkah - langkah model pembelajaran kooperatif tipe TwoStay TwoStray dan peningkatan persentase jumlah siswa yang aktif dalam proses pembelajaran untuk setiap siklusnya. Terjadinya peningkatan hasil belajar matematika murid tidak terlepas dari peningkatan aktivitas mengajar guru dalam menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray dan peningkatan persentase jumlah murid yang aktif dalam proses pembelajaran untuk setiap siklusnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ILMU PENDIDIKAN
ILMU PENDIDIKAN > PGSD
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 25 Apr 2018 02:37
Last Modified: 25 Apr 2018 02:37
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/8044

Actions (login required)

View Item View Item