Pengaruh Pelaksanaan Metode Trachtenberg Terhadap Kemampuan Perkalian Murid SDN 8 Tampaan Kab. Enrekang

Japar, Muhammad (2017) Pengaruh Pelaksanaan Metode Trachtenberg Terhadap Kemampuan Perkalian Murid SDN 8 Tampaan Kab. Enrekang. S1 thesis, Pascasarjana.

[img] Text
JURNAL Muhammad Japar.doc

Download (288kB)

Abstract

ABSTRAK Trachtenberg merupakan salah satu cara berhitung cepat yang dapat memudahkan anak dalam pelajaran matematika. Trachtenberg pertama kali ditemukan dan dikemukakan oleh seorang insinyur lulusan Institiut Teknologi pertambangan di St. Petersburg, Rusia, Trachtenberg. Setelah menemukan cara berhitung tersebut, Trachtenberg mencoba memperkenalkan dan mengaplikasikannya kepada anak – anak yang tertinggal dalam mata pelajaran matematika, di sekolahnya. Dengan cara baru dan mudah dalam berhitung, anak – anak menjadi tertarik terhadap matematika. Minat dan potensi mereka dalam bidang matematika jelas terlihat dari reaksi dan peningkatan prestasi mereka. Setelah berhasil dengan semua usahanya dalam mengembangkan cara mudah dalam berhitung,dengan menggunakan Metode Trachtenberg diharapkan kemampuan perkalian siswa dapat meningkat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) gambaran pelaksanaan metode Trachtenberg di SDN 8 Tampaan Kab. Enrekang; (2) gambaran hasil perkalian siswa SDN 8 Tampaan Kabupaten Enrekang; (3) pengaruh pelaksanaan metode Trachtenberg terhadap kemampuan perkalian murid SDN 8 Tampaan Kabupaten Enrekang. Jenis Penelitian ini adalah penelitian pra eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SDN 8 Tampaan Kabupaten Enrekang yang berjumlah 171 murid. Pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik Purposive sampling dengan memilih kelas IV untuk di teliti. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) penerapan metode Trachtenberg di SDN 8 Tampaan sangat efektif, hal ini ditandai dengan hasil observasi yang kategori baik (2) kemampuan perkalian murid sebelum menggunakan metode tractenberg masuk dalam kategori rendah akan tetapi setelah menggunakan metode tractenberg masuk dalam kategori tinggi. (3) ada pengaruh signifikan antara pelaksanaan metode Trachtenberg dengan kemampuan perkalian murid SDN 8 Tampaan Kabupaten Enrekang; Kata kunci: Metode Trachtenberg, Kemampuan Perkalian

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > ADMINISTRASI PENDIDIKAN - (S2)
PASCASARJANA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 25 Apr 2018 02:12
Last Modified: 25 Apr 2018 02:12
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/8038

Actions (login required)

View Item View Item