Penerapan Model Pembelajar Kooperatif Tipe Group Investigation untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Kelas IV SD Negeri Mangasa Kecamatan Rappocini Kota makassar.

Umar, Mila (2014) Penerapan Model Pembelajar Kooperatif Tipe Group Investigation untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Kelas IV SD Negeri Mangasa Kecamatan Rappocini Kota makassar. Diploma thesis, FIP.

[img]
Preview
Text
3.pdf

Download (115kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilandasi dengan kenyataan di lapangan bahwa hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam masih rendah. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di kelas IV SD Negeri Mangasa Kecamatan Rappocini Kota Makassar?. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam kelas IV SD Negeri Mangasa Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dan jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Setting penilitian ini adalah SD Negeri Mangasa Kecamatan Rappocini Kota Makassar dan subjek penelitian adalah guru kelas IV dan siswa yang berjumlah 26 orang siswa, 16 siswa laki-laki dan 10 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, tes dan dokumentasi. Data yang terkumpul selanjutnya dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif, dengan tahapan mereduksi data, menyajikan data, menarik kesimpulan dan verifikasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas guru siklus I masih menunjukkan kategori cukup (C) dan siklus II meningkat menjadi kategori baik (B). Demikian pula aktivitas siswa pada siklus I berada pada kategori cukup (C) dan pada siklus II meningkat menjadi kategori baik (B). Hal tersebut diikuti dengan meningkatnya hasil belajar siswa dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dari kategori tidak tuntas (TT) pada siklus I dan menjadi kategori tuntas (T) pada siklus II. Dengan demikian penerapan model pembelajaran group investigation dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV pada Mata Pelajaran Ilmu Pegetahuan Alam di SD Negeri Mangasa Kecamatan Rappocini.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ILMU PENDIDIKAN
ILMU PENDIDIKAN > PGSD
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 25 Apr 2018 01:13
Last Modified: 25 Apr 2018 01:13
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/8026

Actions (login required)

View Item View Item