Pengaruh Metode Pemberdayaan Berpikir Melalui Pertanyaan (PBMP) terhadap Keterampilan Metakognitif dan Berpikir Kritis serta Hasil Belajar Biologi Peserta Didik SMA

Rahmadani, Rahayu (2017) Pengaruh Metode Pemberdayaan Berpikir Melalui Pertanyaan (PBMP) terhadap Keterampilan Metakognitif dan Berpikir Kritis serta Hasil Belajar Biologi Peserta Didik SMA. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img] Text
ARTIKEL.docx

Download (154kB)

Abstract

Metode PBMP merupakan metode pembelajaran yang berlangsung tidak secara informatif, seluruhnya dilakukan dengan rangkaian atau jalinan pertanyaan yang telah dirancang secara tertulis sehingga dapat meningkatkan keterampilan metakognitif, keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar Biologi peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk (i) mengetahui tingkat keterampilan metakognitif peserta didik kelas XI IPA SMA Negeri 1 Sungguminasa dengan pembelajaran PBMP, (ii) untuk mengetahui tingkat keterampilan berpikir kritis peserta didik kelas XI IPA SMA Negeri 1 Sungguminasadengan pembelajaran PBMP, (iii) untuk mengetahui tingkat hasil belajar Biologi peserta didik kelas XI IPA SMA Negeri 1 Sungguminasadengan pembelajaran PBMP, (iv) untuk mengetahui pengaruh pembelajaran PBMP terhadap tingkat keterampilan metakognitif dan berpikir kritis serta hasil belajar Biologi peserta didik kelas XI IPA SMA Negeri 1 Sungguminasa. Penelitian ini menggunakan pendekatan eksperimen semu (Quasi Eskperimen) dengan desain penelitian Nonequivalent Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh rombel kelas XI IPA SMA Negeri 1 Sungguminasa semeter genap pada tahun pelajaran 2016/2017. Sampel penelitian dipilih secara acak untuk menentukan kelas eksperimen dan kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah (i) tes keterampilan metakognitif, (ii) tes keterampilan berpikir kritis dan (iii) tes hasil belajar Biologi. Data dianalisis dengan teknik analisis statistik deskriptif dan teknik analisis inferensial (uji normalitas, uji homogenitas dan uji t). Hasil Penelitian ini menunjukkan (i) keterampilan metakognitif yang dibelajarkan metode PBMP berada pada kategori berkembang sangat baik, (ii) keterampilan berpikir kritis keterampilan metakognitif yang dibelajarkan metode PBMP berada pada kategori sangat kritis, (ii) hasil belajar Biologi yang dibelajarkan metode PBMP berada pada kategori tinggi, (iv) adanya pengaruh metode pembelajaran PBMP terhadap keterampilan metakognitif dan berpikir kritis serta hasil belajar Biologi peserta didik SMA Negeri 1 Sungguminasa. Kata Kunci: Metode PBMP, Keterampilan Metakognitif, Keterampilan Berpikir Kritis dan Hasil Belaja Biologi.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > Biologi
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 24 Apr 2018 07:57
Last Modified: 24 Apr 2018 07:57
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/8010

Actions (login required)

View Item View Item