Peningkatan hasil belajar PKn melalui model pembelajaran talking stick pada siswa kelas V SDN 42 Buntu Sarek Kabupaten Luwu. E-TA.

Harnaini, Harnaini (2014) Peningkatan hasil belajar PKn melalui model pembelajaran talking stick pada siswa kelas V SDN 42 Buntu Sarek Kabupaten Luwu. E-TA. Diploma thesis, FIP.

[img]
Preview
Text
R.pdf

Download (77kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah peningkatan aktivitas belajar PKn tentang menghargai dan menaati keputusan bersama melalui model pembelajaran talking stick pada siswa kelas V SDN 42 Buntu Sarek Kabupaten Luwu?. dan apakah meningkat hasil belajar PKn tentang menghargai dan menaati keputusan bersama melalui model pembelajaran talking stick pada siswa kelas V SDN 42 Buntu Sarek Kabupaten Luwu?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan aktivitas belajar PKn tentang menghargai dan menaati keputusan bersama melalui model pembelajaran talking stick pada siswa kelas V SDN 42 Buntu Sarek Kabupaten Luwu dan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar PKn tentang menghargai dan menaati keputusan bersama melalui model pembelajaran talking stick pada siswa kelas V SDN 42 Buntu Sarek Kabupaten Luwu. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang berdaur ulang yaitu meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Fokus penelitian ini adalah: 1) Model pembelajaran talking stick dan 2) hasil belajar PKn. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas V SDN 42 Buntu Sarek Kabupaten Luwu. Tehnik pengumpulan data yaitu observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis kualitatif. Hasil penelitian bahwa: Pada siklus I proses pembelajaran guru dan belajar siswa berada pada kategori cukup serta hasil belajar PKn siswa berada pada kategori cukup. Sedangkan pada siklus II proses pembelajaran guru dan belajar siswa berada pada kategori baik serta hasil belajar Pkn siswa berada pada kategori sangat baik. Kesimpulan hasil belajar PKn melalui model pembelajaran talking stick pada siswa kelas V SDN 42 Buntu Sarek Kabupaten Luwu meningkat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ILMU PENDIDIKAN
ILMU PENDIDIKAN > PGSD
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 24 Apr 2018 07:13
Last Modified: 24 Apr 2018 07:13
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/7995

Actions (login required)

View Item View Item