Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi dengan Teknik Akrostik pada Siswa Kelas VIII A MTs. Darussalam Barandasi Kabupaten Maros

INDRA, INDRA (2015) Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi dengan Teknik Akrostik pada Siswa Kelas VIII A MTs. Darussalam Barandasi Kabupaten Maros. S1 thesis, Pascasarjana.

[img] Text
artikel tesis.docx

Download (51kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan (1) mendeskripsikan proses perencanaan pembelajaran menulis puisi dengan menggunakan teknik akrostik pada siswa kelas VIII A MTs. Darussalam Barandasi Kabupaten Maros, (2) mendeskripsikan proses pembelajaran siswa menulis puisi dengan menggunakan teknik akrostik pada siswa kelas VIII A MTs. Darussalam Barandasi Kabupaten Maros, (3) meningkatan hasil pembelajaran menulis puisi dengan menggunakan teknik akrostik pada siswa VIII A MTs. Darussalam Barandasi Kabupaten Maros. Adapun jumlah subjek penelitian yang terdiri dari 1 orang guru pengampu bahasa Indonesia, dan 22 orang siswa dengan perincian 12 laki-laki dan 10 perempuan. Adapun instrumen yang akan digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi dan tes. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah observasi aktivitas guru dan siswa, serta tugas menulis puisi dengan teknik akrostik. Analisis data proses dianalisis secara deskriptif kualitatif, sedangkan data hasil menulis puisi dengan teknik akrostik dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan menulis puisi dengan teknik akrostik dapat meningkatkan keterampilan menulis puisi pada siswa kelas VIII A MTs. Darussalam Barandasi. Hal ini ditunjukkan dengan melihat hasil penelitian yaitu Pada siklus I, menunjukkan tidak ada siswa yang mendapatkan nilai tuntas, pada siklus II siswa yang mendapatkan nilai 65 ke atas yaitu sebanyak 7 orang dan yang tidak tuntas sebanyak 12 orang, sedangkan pada siklus III siswa yang mendapat nilai 65 ke atas atau dapat dikatakan tuntas sebanyak 16 orang dan yang tidak tuntas yaitu 4 orang. Nilai rata-rata pada siklus I 40.45, meningkat pada siklus II yaitu 54.47 peningkatan dari siklus I ke siklus II yaitu 14.02, sedangkan nilai rata-rata pada siklus III kembali meningkat yaitu 68.54, peningkatan nilai pada siklus II ke siklus III yaitu 14.07.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA
PASCASARJANA > BAHASA INDONESIA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 24 Apr 2018 07:00
Last Modified: 24 Apr 2018 07:00
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/7988

Actions (login required)

View Item View Item