Penerapan Pendekatan Proses pada Pembelajaran Bahasa Indonesia dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Karangan Narasi Siswa Kelas IV SD Negeri 100 Barakasanda Kecamatan Suppa Kabupaten Pinrang.

Taradipa, Dewi (2014) Penerapan Pendekatan Proses pada Pembelajaran Bahasa Indonesia dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Karangan Narasi Siswa Kelas IV SD Negeri 100 Barakasanda Kecamatan Suppa Kabupaten Pinrang. Diploma thesis, FIP.

[img]
Preview
Text
12.pdf

Download (107kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini mengkaji tentang rendahnya hasil belajar keterampilan menulis karangan narasi siswa kelas IV SD Negeri 100 Barakasanda Kecamatan Suppa Kabupaten Pinrang. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah penerapan pendekatan proses pada pembelajaran bahasa Indonesia dalam meningkatkan keterampilan menulis karangan narasi siswa kelas IV SD Negeri 100 Barakasanda Kecamatan Suppa Kabupaten Pinrang? Adapun penelitian ini bertujuan untuk memaparkan penerapan pendekatan proses pada pembelajaran bahasa Indonesia dalam meningkatkan keterampilan menulis karangan narasi siswa kelas IV SD Negeri 100 Barakasanda Kecamatan Suppa Kabupaten Pinrang. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas, terdiri dari dua siklus dan setiap siklusnya dilaksanakan sebanyak dua kali pertemuan. Prosedur kegiatan meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Fokus penelitian yakni penerapan pendekatan proses dan hasil belajar keterampilan menulis karangan narasi. Penelitian dilaksanakan di SD Negeri 100 Barakasanda Kecamatan Suppa Kabupaten Pinrang. Subjek penelitian yakni 1 orang guru dan 13 orang siswa. Teknik pengumpulan data adalah teknik observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data menurut Miles dan Huberman yakni mereduksi data, menyajikan data, menarik kesimpulan, dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru pada siklus I berada pada kategori cukup (B) dan siklus II meningkat menjadi kategori sangat baik (SB). Demikian pula hasil aktivitas siswa pada siklus I berada pada kategori cukup (C) dan pada siklus II meningkat menjadi kategori baik (B). Hal tersebut diikuti dengan meningkatnya hasil belajar keterampilan menulis siswa dalam menulis karangan narasi dari kategori cukup (C) pada siklus I menjadi kategori baik (B) pada siklus II. Dengan demikian, penerapan pendekatan proses pada pembelajaran bahasa Indonesia dapat meningkatkan keterampilan menulis karangan narasi siswa kelas IV SDNegeri 100 Barakasanda Kecamatan Suppa Kabupaten Pinrang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ILMU PENDIDIKAN
ILMU PENDIDIKAN > PGSD
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 24 Apr 2018 06:19
Last Modified: 24 Apr 2018 06:19
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/7980

Actions (login required)

View Item View Item