Keefektifan Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif dengan Pendekatan Scientific dalam Pembelajaran Matematika di Kelas VIII SMP Negeri 2 Majene

AL A’RAF, AQSHA (2015) Keefektifan Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif dengan Pendekatan Scientific dalam Pembelajaran Matematika di Kelas VIII SMP Negeri 2 Majene. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img] Text
artikel.docx

Download (38kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana keefektifan penerapan model pembelajaran kooperatif dengan pendekatan scientific pada materi sistem persamaan linear dua variabel, untuk mengetahui bagaimana motivasi belajar siswa sebelum dan setelah diterapkan model pembelajaran kooperatif dengan pendekatan scientific, untuk mengetahui bagaimana hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif dengan pendekatan scientific, dan untuk mengetahui bagaimana aktifitas belajar siswa dalam proses belajar mengajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif dengan pendekatan scientific. Penelitian ini adalah penelitian pra-eksperimen dengan desain one group pretest-posttest. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN 2 Majene tahun pelajaran 2015/2016. Adapun teknik penyampelan yang digunakan adalah stratified cluster random sampling dan terpilih siswa kelas VIIIB dan VIIIF sebagai kelas eksperimen yang diterapkan pembelajaran dengan menggunakan pendekatan scientific setting kooperatif pada materi sistem persamaan linear dua variabel. Data dalam penelitian ini diperoleh dengan menggunakan instrumen tes hasil belajar matematika siswa, lembar observasi aktivitas siswa dan angket motivasi belajar siswa. Prosedur yang ditempuh di dalam penelitian ini dibagi menjadi dua tahap, yakni tahap persiapan dan tahap pelaksanaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada kelas VIIIB hasil belajar siswa berada pada kategori tinggi, aktivitas siswa berada pada kategori sangat aktif, dan motivasi belajar siswa berada pada kategori sedang. Hal serupa juga terjadi pada kelas VIIIF dimana hasil belajar siswa berada pada kategori tinggi, aktivitas siswa berada pada kategori sangat aktif, dan motivasi belajar siswa berada pada kategori sedang. Sehingga berdasarkan kriteria keefektifan maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran matematika dengan menggunakan pendekatan scientific setting kooperatif pada kelas VIIIB dan VIIIF berada pada kategori efektif. Kata kunci : Model kooperatif, Pendekatan Scientific, Keefektifan.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > MATEMATIKA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 24 Apr 2018 06:16
Last Modified: 24 Apr 2018 06:16
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/7979

Actions (login required)

View Item View Item