Penerapan Model Cooperative Learning Tipe Team Assisted Individualization untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika pada Siswa Kelas IV SD Negeri 133 Duampanua Kecamatan Duampanua Kabupaten Pinrang

Rinaldi AH, Aldy (2014) Penerapan Model Cooperative Learning Tipe Team Assisted Individualization untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika pada Siswa Kelas IV SD Negeri 133 Duampanua Kecamatan Duampanua Kabupaten Pinrang. Diploma thesis, FIP.

[img]
Preview
Text
10.pdf

Download (105kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Permasalahan penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar matematika siswa kelas IV SDN 133 Duampanua Kecamatan Duampanua Kabupaten Pinrang. Rumusan Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah penerapan model Cooperative Learning Tipe Team Assisted Individualization (TAI) untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas IV SDN 133 Duampanua Kecamatan Duampanua Kabupaten Pinrang?. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan penerapan Model Cooperative Learning Tipe Team Assisted Individualization (TAI) dalam meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas IV SDN 133 Duampanua Kecamatan Duampanua Kabupaten Pinrang. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Fokus penelitian ini adalah penerapan model Cooperative Learning tipe Team Assisted Individualization (TAI) dan hasil belajar Matematika dengan jumlah siswa 20 orang dengan materi pecahan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan dalam pembelajaran,baik pada aktivitas guru dan siswa maupun hasil belajar siswa. Hasil observasi aktivitas mengajar guru dan aktivitas belajar siswa pada siklus I dikategorikan cukup dan belum mencapai taraf keberhasilan, sedangkan pada siklus II dikategorikan baik dan telah mencapai taraf keberhasilan. Peningkatan hasil belajar siswa dapat dilihat dari setiap siklus dengan peningkatan persentase ketuntasan siklus I dikategorikan sedang namun belum tuntas secara klasikal, sedangkan pada siklus II dikategorikan tinggi dan telah tuntas secara klasikal. Kesimpulan penelitian ini adalah penerapan model Cooperative Learning Tipe Team Assisted Individualization (TAI) dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas IV SDN 133 Duampanua Kecamatan Duampanua Kabupaten Pinrang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ILMU PENDIDIKAN
ILMU PENDIDIKAN > PGSD
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 24 Apr 2018 06:03
Last Modified: 24 Apr 2018 06:03
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/7973

Actions (login required)

View Item View Item