Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Model Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) Dengan Pendekatan Saintifik

Ali P, Muhammad (2015) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Model Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) Dengan Pendekatan Saintifik. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img] Text
Artikel.docx

Download (86kB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. dengan mengembangkan perangkat pembelajaran berupa Buku Siswa (BS), Rancangan Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan Penelitian Kegiatan siswa (LKS). Tujuan penelitian ini untuk mengembangkan perangkat pembelajaran yang valid, praktis dan efektif dengan menggunakan model kooperatif tipe student teams achievement divisions (STAD) dengan pendekatan saintifik pada pokok bahasan persamaan linear satu variabel di kelas VII SMP Negeri 1 Polewali. Hasil Penelitian ini menunjukkan pengembangan perangkat pembelajaran menggunakan model 4-D, Pengembangan perangkat pembelajaran matematika, peneliti mengawali dengan melakukan observasi, mengenai analisis awal-akhir bagi siswa, analisis materi, analisis tugas. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan terlebih dahulu divalidasi oleh dua pakar sebelum melakukan dua kali uji coba, uji coba perangkat pembelajaran pertama dilakukan di SMP Negeri 2 Polewali di ikuti sebanyak 25 orang siswa, dan melakukan perbaikan perangkat setelah melakukan uji coba pertama dikonsultasikan kepada validator, perangkat yang dihasilkan di uji cobakan lagi di sekolah yang berbeda di SMP Negeri 1 Polewali di sebut uji coba kedua yang di ikuti sebanyak 25 orang siswa. Perangkat yang di uji cobakan di perbaiki kembali dan di konsultasikan kepada validator untuk menghasilkan perangkat pembelajaran yang valid, perangkat pembelajaran terlaksana dengan baik pada saat uji coba, dan tes hasil belajar telah tercapi ketuntasan klasikal, aktivitas siswa sudah sesuai yang diharapkan, siswa memberikan respons positif terhadap perangkat sehingga pangkat pembelajaran dikatakan praktis dan efektif. Perangkat yang dihasilkan disebarkan atau disosialisasikan secara terbatas melalui Musyawara Guru Mata Pelajaran (MGMP) Matematika Kabupaten Polewali Mandar.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > MATEMATIKA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 24 Apr 2018 05:54
Last Modified: 24 Apr 2018 05:54
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/7969

Actions (login required)

View Item View Item