Efektivitas Pembelajaran Kooperatif tipe Pair Check dengan Metode Kumon dalam Pembelajaran Matematika Pada Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 5 Makassar

KUSUMA, DEVI ARVITA (2017) Efektivitas Pembelajaran Kooperatif tipe Pair Check dengan Metode Kumon dalam Pembelajaran Matematika Pada Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 5 Makassar. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img] Text
ARTIKEL.docx

Download (48kB)

Abstract

Jenis penelitian ini adalah pre-eksperiment yang bertujuan: (1)Untuk mengetahui bagaimana keefektifan penerapan pembelajaran kooperatif tipe pair check dengan metode kumon terhadap peserta didik kelas VIII SMP Negeri 5 Makassar (2) Untuk mengetahui bagaimana hasil belajar matematika peserta didik sebelum dan setelah penerapan pembelajaran kooperatif tipe pair check dengan metode kumon terhadap peserta didik kelas VIII SMP Negeri 5 Makassar (3) Untuk mengetahui bagaimana aktivitas belajar peserta didik dalam proses belajar mengajar dengan menggunakan pembelajaran kooperatif tipe pair check dengan metode kumon terhadap peserta didik kelas VIII SMP Negeri 5 Makassar (4) Untuk mengetahui bagaimana respons peserta didik setelah penerapan pembelajaran kooperatif tipe pair check dengan metode kumon terhadap peserta didik kelas VIII SMP Negeri 5 Makassar. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII SMP Negeri 5 Makassarpada tahun ajaran 2016/2017 dan sampel terdiri dari dari satu kelas yakni kelas yang akan diberikan perlakuan dengan menggunakan pembelajaran kooperatif tipe pair check dengan metode kumon yang di ambil dengan menggunakan teknik cluster random sampling. Data yang dikumpulkan terdiri atas data hasil belajar peserta didik, data aktivitas peserta didik selama mengikuti proses pembelajaran, dan data respons peserta didik terhadap penerapan model pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa skor hasil belajar matematika peserta didik di kelas VIIIberada pada kategori tinggi dengan mean 82,81dan deviasi standar 8.898, ketuntasan secara klasikal sebesar 82,4%, rata-rata gain ternormalisasi berada pada kategori tinggi, aktivitas peserta didik dalam mengikuti proses pembelajaran berada pada kategori sangat aktif, dan respons peserta didik terhadap penerapan pembelajaran kooperatif tipe pair check dengan metode kumonadalah positif. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe pair check dengan metode kumon efektif diterapkan pada pembelajaran matematika di kelas VIII SMP Negeri 5 Makassar. Kata Kunci: Kooperatif TipePair Check dan Metode Kumon.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > MATEMATIKA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 24 Apr 2018 05:35
Last Modified: 24 Apr 2018 05:35
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/7965

Actions (login required)

View Item View Item