Pelaksanaan Fungsi Supervisional Pengawas Sekolah Di SD Negeri 33 Boccoe-Boccoe Kecamatan Gantarang Kabupaten Bulukumba

Nurmiati, Nurmiati (2015) Pelaksanaan Fungsi Supervisional Pengawas Sekolah Di SD Negeri 33 Boccoe-Boccoe Kecamatan Gantarang Kabupaten Bulukumba. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img] Text
Artikel nurmiati.docx

Download (51kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah (i) untuk mengetahui gambaran pelaksanaan supervisi akademik pengawas di SD Negeri 33 Boccoe-boccoe Kecamatan Gantarang Kabupaten Bulukumba, (ii) untuk mengetahui Faktor-faktor yang mempengaruhi pelaksanaan supervisi akademik pengawas di SD Negeri 33 Boccoe-boccoe Kecamatan Gantarang Kabupaten Bulukumba. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan penelitian adalah studi kasus pada tingkat organisasi sekolah. Penelitian ini menggambarkan secara mendalam pelaksanaan supervisi akademik pengawas di SD Negeri 33 Boccoe-boccoe Kecamatan Gantarang Kabupaten Bulukumba. Sumber data dalam penelitian ini ditetapkan secara purposive, dengan pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi yang diabsahkan melalui triangulasi dan member chek. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (i). Implementasi supervisi akademik pengawas di SD Negeri 33 Boccoe-boccoe Kecamatan Gantarang Kabupaten Bulukumba berjalan dengan baik dengan menggunakan prinsip supervisi: prinsip ilmiah, prinsip demokratis, prinsip konstruktif dan kreatif serta prinsip kemitraan, menggunakan teknik supervisi: teknik individu, berupa; kunjungan kelas, observasi kelas, serta demontrasi mengajar dan teknik kelompok, berupa; rapat guru, studi kelompok antar guru atau KKG, dan diskusi sebagai proses kelompok, menggunakan model supervisi: model ilmiah, model artistik dan model klinis. (ii) Faktor-faktor yang mempengaruhi pelaksanaan supervisi akademik pengawas ialah faktor internal pengawas, yakni: faktor komitmen pengawas yang kuat, faktor kompetensi akademik pengawas, yakni kemampuan membimbing menyusun silabus, RPP, pemilihan dan penggunaan metode, penggunaan media dan fasilitas pembelajaran, pemanfaatan teknologi informasi, membimbing mengajar di kelas dan sekaligus kemampuan pengawas dalam membimbing dan menilai proses, hasil pembelajaran guru serta faktor motivasi pengawas yang tinggi dan adapun faktor eksternal pengawas, yaitu: faktor pemberdayaan pengawas oleh atasan dengan kewenangan yang diberikan, faktor lingkungan kerja yang baik, bersahabat, kondusif, nyaman, saling bekerja sama dan saling mendukung serta faktor kebijakan pimpinan terhadap pengawas dalam hal memberian dukungan dan pengambilan keputusan baik Kadisdikpora maupun kepala sekolah atas rekomendasi pengawas dalam hal peningkatan kualitas guru mengajar di sekolah.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > ADMINISTRASI PENDIDIKAN - (S2)
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 24 Apr 2018 03:50
Last Modified: 24 Apr 2018 03:58
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/7950

Actions (login required)

View Item View Item