Manajemen Pembelajaran IPA Terpadu Di SMP Negeri 20 Bulukumba

Nurasni, Nurasni (2015) Manajemen Pembelajaran IPA Terpadu Di SMP Negeri 20 Bulukumba. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img] Text
Artikel jurnal.docx

Download (47kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah (i) Untuk mengetahui gambaran pelaksanaan pembelajaran IPA Terpadu Di SMP Negeri 20 Bulukumba, (ii) Untuk mengetahui faktor Pendukung dan penghambat yang mempengaruhi pelaksanaan pembelajaran IPA Terpadu di SMP Negeri 20 Bulukumba. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan penelitian studi kasus. Penelitian ini menggambarkan secara mendalam Manajemen pembelajaran di SMP Negeri 20 Bulukumba. Sumber data dalam penelitian ini ditetapkan secara purposive, dengan pengumpulan data melalui wawancara dan observasi yang diabsahkan melalui triangulasi dan member chek. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (i) Gambaran pelaksanaan manajemen pembelajaran IPA Terpadu di SMP Negeri 20 Bulukumba tahun ajaran 2013/2014 sudah berjalan sesuai dengan mekanisme yang ada, (ii) faktor-faktor pendukung dan penghambat yang mempengaruhi pelaksanaan manajemen pembelajaran IPA Terpadu Di SMP Negeri 20 Bulukumba yakni faktor internal berupa kekuatan pendukung yakni adanya antusiasme dari warga sekolah dalam melaksanakan program pembelajaran, sedangkan yang menjadi faktor penghambat adalah kurang objektifnya komponen yang dilibatkan dalam pengumpulan data. Faktor eksternal berupa peluang dan tantangan. Adapun yang menjadi peluang adalah karena kegiatan ini sifatnya nasional, sehingga ini menjadi peluang bagi sekolah untuk bekerja maksimal dan memanfaatkan hasilnya untuk mengembangkan sekolahnya, sedangkan yang menjadi tantangan adalah kemampuan guru IPA Terpadu dalam menyiapkan bahan ajar.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > ADMINISTRASI PENDIDIKAN - (S2)
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 24 Apr 2018 03:43
Last Modified: 24 Apr 2018 03:43
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/7948

Actions (login required)

View Item View Item