Analisis Manajemen Sekolah Di SD Negeri 53 Pabbaeng-baeng Kecamatan Kindang Kabupaten Bulukumba

SAFARUDDIN, SAFARUDDIN (2015) Analisis Manajemen Sekolah Di SD Negeri 53 Pabbaeng-baeng Kecamatan Kindang Kabupaten Bulukumba. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img] Text
Artikel jurnal.docx

Download (38kB)

Abstract

Penelitian ini dimaksudkan untuk menggambarkan kinerja guru dan faktor-faktor yang mempengaruhi di SD Negeri 53 Pabbaeng-baeng. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan sumber data adalah kepala sekolah, kepala tata usaha, wakasek kurikulum, guru, dan siswa. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kinerja guru di SD Negeri 53 Pabbaeng-baeng dilihat dari hasil kerja, efisiensi kerja, kepuasan kerja dan keadaptasian kerja berjalan dengan baik dan yang paling menonjol pada peningkatan kinerja guru adalah kepuasan kerja yaitu gaji guru, hasil kerja yaitu keterlaksanaan pembelajaran dan daya serap yang dimiliki oleh siswa, efisiensi kerja yaitu pada disiplin kerja, media pembelajaran dan keadaptasian kerja yaitu SDM terhadap guru. hal ini dapat dilihat dari guru yang memiliki kinerja dalam menyukseskan keterlaksanaan pembelajaran, peningkatan daya serap siswa terbukti dengan metode dan media pembelajaran. Serta guru memiliki kualifikasi pendidikan yang memadai serta memiliki hubungan sosial yang baik namun demikian masih terlihat adanya beberapa kekurangan dari segi sarana dan prasarana yang dapat mendukung keterlaksanaan pengajaran yang efektif dan efisien. Serta faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja guru di SD Negeri 53 Pabbaeng-baeng dilihat dari faktor internal dan eksternal, kedua faktor ini sangat mendukung keterlaksanaan proses pembelajaran dengan baik, ini dapat dilihat bahwa semakin baik kepribadian guru maka semakin tinggi dedikasinya dalam menjalankan tugasnya akan tetapi sarana dan prasarana kurang menunjang sehingga menghambat guru dalam melaksanakan tugasnya.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > ADMINISTRASI PENDIDIKAN - (S2)
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 24 Apr 2018 03:12
Last Modified: 24 Apr 2018 03:12
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/7938

Actions (login required)

View Item View Item