Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Biologi Peserta Didik Kelas X SMA Negeri 11 Makassar

ARDIANSYAH, ARDIANSYAH (2016) Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Biologi Peserta Didik Kelas X SMA Negeri 11 Makassar. S1 thesis, Pascasarjana.

[img] Text
Artikel Ardiansyah.docx

Download (113kB)

Abstract

ABSTRAK Menyambut arus globalisasi yang memiliki problematika begitu kompleks terkait dengan SDM dan kualitas pendidikan, seorang gurulah kemudian menjadi muara terakhir dalam memulihkan kondisi tersebut, karena mereka memiliki tanggung jawab penuh untuk meningkatkan kualitas SDM dan pendidikan. Model pembelajaranlah diyakini memiliki peranan penting untuk membantu para guru dalam meningkatkan kualitas SDM sebagai manifestasi dari tujuan pendidikan nasional. Beranjak dari masalah itulah yang melatar belakangi sehingga peneliti mengangkat sebuah judul penelitian ini dengan tujuan untuk meningkatkan hasilb elajar peserta didik serta memberikan spirit baru bagi dunia pendidikan dalam meningkatkan SDM. Tujuan penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran discovery learning terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas X SMANegeri 11 Makassar, (2) Untuk mengetahui model pembelajaran discovery learning berpengaruh terhadap hasil belajar biologi peserta didik kelas X SMA Negeri 11 Makassar, (3) Bagaimanakah pengaruh model pembelajaran discovery learning terhadap hasil belajar biologi oleh kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas X SMANegeri 11 Makassar ?. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1) Terdapat pengaruh model pembelajaran Discovery Learning terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas X SMA Negeri 11 Makassar dengan nilai persentase kemampuan berpikir kritis dengan persentase sebanyak 100% dan 36 frekuensi dengan taraf signifikansi< α = 0,5% dengan sig. 0,000; (2) Terdapat pengaruh model pembelajaran discovery learning terhadap hasil belajar biologi peserta didik kelas X SMA Negeri 11 Makassar 100% dan 36 frekuensi dengan taraf signifikansi < α = 0,5% dengan sig. 0,000., (3) Terdapat pengaruh model pembelajaran discovery learning terhadap hasil belajar biologi oleh kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas X SMA Negeri 11 Makassar 100% dan 36 frekuensi dengan taraf signifikansi < α = 0,5% dengan sig. 0,000. Berdasarkan hasil penelitian, maka peneliti dapat simpulkan bahwa model pembelajaran Discovery Learning berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar biologi peserta didik kelas X SMA Negeri 11 Makassar dengan membandingkan niai rata-rata pada kelasKontrol sebesar 67,00% dan nilai rata-rata padakelas Eksperimen sebesar 88,84%. Keyword :Discovery Learning, Berpikir Kritis, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > Biologi
PASCASARJANA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 24 Apr 2018 02:58
Last Modified: 24 Apr 2018 02:58
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/7931

Actions (login required)

View Item View Item