Pengaruh Pengasuhan Dan Kualifikasi Pendidikan Orangtua Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri Kecamatan Panakukang Kota Makassar

WULANMAYASARI, WULANMAYASARI (2015) Pengaruh Pengasuhan Dan Kualifikasi Pendidikan Orangtua Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri Kecamatan Panakukang Kota Makassar. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img] Text
BAB I.docx

Download (37kB)
[img] Text
BAB V.docx

Download (27kB)

Abstract

Tesis ini disusun berdasarkan atas hasil penelitian yang bertujuan untuk menggambarkan pengaruh pengasuhan dan kualifikasi pendididkan orangtua terhadap prestasi belajar siswa kelas V sekolah dasar negeri kecamatan panakukang kota Makassar yang berjumlah 2386 orang dan sampel sebanyak 107 orang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kunatitatif dengan jenis exspost facto. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah angket, wawancara, dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan SPSS 20 dengan menggunakan uji Kendall’s Tau dan Uji ANCOVA dan secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (i) Pengasuhan orangtua siswa kelas V SD negeri Kecamatan Panakukang Kota Makassar didominasi pada kategori demokratis, sedangkan kualifikasi pendidikan orangtua siswa kelas V SD negeri Kecamatan Panakukang Kota Makassar didominasi pada kategori pendidikan tinggi, dan prestasi belajar siswa kelas V SD negeri Kecamatan Panakukang Kota Makassar didominasi pada kategori sedang. (ii) Ada pengaruh yang berarti antara pengasuhan orangtua terhadap prestasi belajar siswa kelas V SD Negeri Kecamatan Panakukang Kota Makassar. (iii) Ada pengaruh yang berarti antara kualifikasi pendidikan orangtua terhadap prestasi belajar siswa kelas V SD Negeri Kecamatan Panakukang Kota Makassar. (iv) Ada pengaruh yang berarti antara pengasuhan dan kualifikasi pendidikan orangtua secara bersama-sama terhadap prestasi belajar siswa kelas V SD Negeri Kecamatan Panakukang Kota Makassar. Hal ini dapat dilihat bahwa orangtua yang memiliki pengasuhan yang baik akan menciptakan suasana keluarga yang kondusif dalam tumbuh kembang anak sehingga sangat menentukan perkembangan anak.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > ADMINISTRASI PENDIDIKAN - (S2)
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 24 Apr 2018 01:17
Last Modified: 24 Apr 2018 01:17
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/7905

Actions (login required)

View Item View Item