Pengaruh Efikasi Diri dan Minat Belajar Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Fisika Peserta Didik SMA Negeri 1 Pangkajene

WAHYUDIN, AHSAN (2017) Pengaruh Efikasi Diri dan Minat Belajar Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Fisika Peserta Didik SMA Negeri 1 Pangkajene. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img] Text
Artikel.docx

Download (445kB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian “expost-facto” yang bertujuan untuk menganalisis pengaruh: (1) efikasi diri terhadap hasil belajar fisika peserta didik SMA Negeri 1 Pangkajene; (2) minat belajar terhadap hasil belajar fisika peserta didik SMA Negeri 1 Pangkajene; (3) efikasi diri terhadap motivasi belajar peserta didik SMA Negeri 1 Pangkajene; (4) minat belajar terhadap motivasi belajar peserta didik SMA Negeri 1 Pangkajene; dan (5) motivasi belajar terhadap hasil belajar fisika peserta didik SMA Negeri 1 Pangkajene. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI MIA SMA Negeri 1 Pangkajene dengan jumlah 185 orang. Adapun sampel penelitian diambil dengan menggunakan teknik Slovin dengan jumlah peserta didik sebanyak 126 orang. Proses pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner dan tes hasil belajar fisika yang telah diuji coba empirik. Data hasil penelitian dianalisis dengan menggunakan metode analisis Structural Equation Modelling (SEM) dengan teknik Analysis of Moment Structures (AMOS). Prosedur analisis yang dilakukan dengan analisis deskriptif dan inferensial analisis faktor dan verifikasi model struktural AMOS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model persamaan struktural yang menggambarkan pengaruh efikasi diri, minat belajar, motivasi belajar, dan hasil belajar fisika dapat diterima. Melalui model tersebut dapat disimpulkan bahwa: (1) Efikasi diri tidak memiliki pengaruh langsung positif terhadap hasil belajar fisika peserta didik SMA Negeri 1 Pangkajene; (2) Minat belajar tidak memiliki pengaruh langsung positif terhadap hasil belajar fisika peserta didik SMA Negeri 1 Pangkajene; (3) Efikasi diri memiliki pengaruh langsung positif terhadap motivasi belajar peserta didik SMA Negeri 1 Pangkajene; (4) Minat belajar memiliki pengaruh langsung positif terhadap motivasi belajar peserta didik SMA Negeri 1 Pangkajene; dan (5) Motivasi belajar tidak memiliki pengaruh langsung positif terhadap hasil belajar fisika peserta didik SMA Negeri 1 Pangkajene. Kata kunci: Expost-facto, Efikasi Diri, Minat Belajar, Motivasi Belajar, Hasil Belajar Fisika

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > FISIKA (S2)
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 23 Apr 2018 08:08
Last Modified: 23 Apr 2018 08:08
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/7894

Actions (login required)

View Item View Item