Pengembangan Model Pembelajaran One Stay Three Stray Berbasis Authentic Assessment pada Materi Ekosistem Siswa Kelas X MIA 6 SMAN 1 Makassar

BUSRA, BUSRA (2015) Pengembangan Model Pembelajaran One Stay Three Stray Berbasis Authentic Assessment pada Materi Ekosistem Siswa Kelas X MIA 6 SMAN 1 Makassar. S1 thesis, Pascasarjana.

[img] Text
ARTIKEL.docx

Download (70kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model pembelajaran one stay three stray berbasis authentic assessment yang valid dan efektif. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (research and development). Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 1 Makasar pada bulan November 2013 hingga Mei 2014. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X MIA 6 SMA Negeri 1 Makassar tahun pelajaran 2013/2014 yang terdiri atas 37 orang. Desain pengembangan yang digunakan pada penelitian ini mengacu pada model pengembangan Borg and Gall (1983), terdiri atas 10 langkah, yaitu: (1) penelitian dan pengumpulan informasi, (2) perencanaan, (3) pengembangan bentuk produk awal dari bentuk model pembelajaran two stay two stray menjadi model pembelajaran one stay three stray berbasis authentic assessment, (4) uji coba awal, (5) revisi produk, (6) uji coba lapangan , (7) revisi produk, (8) uji lapangan, (9) revisi produk akhir, dan (10) desiminasi dan implementasi. Penelitian pengembangan ini hanya dilakukan sampai pada tahap ketujuh yaitu tahap uji coba terbatas karena keterbatasan dana dan waktu serta untuk memudahkan peneliti. Penilaian otentik yang digunakan dalam penelitian ini berupa lembar penilaan peer assessment (apektif), performance assessment (psikomotor), dan paper and pencil test (kognitif). Dari hasil penelitian dinyatakan bahwa model pembelajaran one stay three stray berbasis authentic assessment pada konsep ekosistem dinyatakan; (1) valid dengan nilai rata-rata total kevalidan model dinyatakan pada tingkat “relavansi kuat” dengan koefisien validitas isi lebih dari 0,75 atau V> 75% dari nilai ideal 100% dan (2) efektif dengan berdasarkan hasil respons siswa yang sangat setuju dengan pernyataan positif sebanyak 70,27% dan 24,32% siswa yang setuju. Berdasarkan ketuntasan hasil belajar terdapat 83,78% dari subjek penelitian mencapai tingkat penguasaan materi minimal. Kata kunci: Model Pembelajaran One stay three stray, Authentic assessment, desain model Borg and Gall, Valid dan Efektif.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > Biologi
PASCASARJANA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 23 Apr 2018 07:57
Last Modified: 23 Apr 2018 07:57
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/7888

Actions (login required)

View Item View Item