Perbandingan Model PBL dengan Model DL ditinjau dari Hasil Belajar dan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas XI SMAN 3 Palopo pada Materi Pokok Koloid

ILLING, ILMIATI (2015) Perbandingan Model PBL dengan Model DL ditinjau dari Hasil Belajar dan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas XI SMAN 3 Palopo pada Materi Pokok Koloid. S1 thesis, Pascasarjana.

[img] Text
ARTIKEL.docx

Download (57kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan model Problem Based Learning (PBL) dengan model discovery learning ditinjau dari hasil belajar dan kemampuan pemecahan masalah siswa kelas XI SMAN 3 Palopo pada materi pokok koloid. Jenis penelitian adalah eksperimen semu. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA Negeri 3 Palopo tahun ajaran 2014/2015 yang berjumlah 275 orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan random sampling dan kelas yang terpilih adalah kelas XI IPA C dan XI IPA F. Pengujian hipotesis dilakukan dengan program SPSS 20 menggunakan analisis uji-t. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Ada perbedaan hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran PBL dengan siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran discovery di kelas XI IPA SMA Negeri 3 Palopo pada materi pokok koloid, (2) Ada perbedaan kemampuan pemecahan masalah siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran PBL dengan siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran discovery di kelas XI IPA SMA Negeri 3 Palopo pada materi pokok koloid. Rata-rata hasil belajar dan kemampuan pemecahan masalah siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran discovery lebih baik dari pada yang dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran PBL. Kata Kunci: Problem Based Learning, Discovery Learning, Hasil Belajar, Kemampuan Pemecahan Masalah

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > PENDIDIKAN KIMIA - (S2)
PASCASARJANA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 23 Apr 2018 07:24
Last Modified: 23 Apr 2018 07:24
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/7881

Actions (login required)

View Item View Item