Keterampilan Menulis Cerita Pendek dalam Bahasa Bugis Berdasarkan Gambar Berseri Siswa Kelas VIII MTs Yasrib Tajuncu Kabupaten Soppeng

Asriono, Andi (2017) Keterampilan Menulis Cerita Pendek dalam Bahasa Bugis Berdasarkan Gambar Berseri Siswa Kelas VIII MTs Yasrib Tajuncu Kabupaten Soppeng. Diploma thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img] Text
ASRIONO.docx

Download (26kB)

Abstract

Penelitian ini secara umum bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan menulis cerita pendek dalam bahasa Bugis berdasarkan gambar berseri siswa kelas VIII MTs Yasrib Tajuncu Kabupaten Soppeng. Secara khusus bertujuan untuk : (1) Mendeskripsikan kemampuan menetukan tema cerita pendek dalam bahasa Bugis berdasarkan gambar berseri siswa kelas VIII MTs Yasrib Tajuncu Kabupaten Soppeng (2) Mendeskripsikan kemampuan mengembangkan tokoh cerita pendek dalam bahasa Bugis berdasarkan gambar berseri siswa kelas VIII MTs Yasrib Tajuncu Kabupaten Soppeng (3) Mendeskripsikan menuliskan alur cerita pendek dalam bahasa Bugis berdasarkan gambar berseri siswa kelas VIII MTs Yasrib Tajuncu Kabupaten Soppeng (4) Mendeskripsikan kemampuan siswa mengembangkan latar cerita pendek dalam bahasa Bugis berdasarkan gambar berseri siswa kelas VIII MTs Yasrib Tajuncu Kabupaten Soppeng (5)Mendeskripsikan kemampuan menyampaikan amanat cerita pendek dalam bahasa Bugis berdasarkan gambar berseri siswa kelas VIII MTs Yasrib Tajuncu Kabupaten Soppeng (6) Mendeskripsikan kemampuan menempatkan sudut pandang dirinya dalam cerita pendek berdasarkan gambar berseri siswa kelas VIII MTs Yasrib Tajuncu Kabupaten Soppeng . Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Dalam penelitian ini menggunakan 1 kelas yaitu kelas VIII. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes tertulis. Maksudnya siswa ditugasi membuat cerita pendek dalam bahasa Bugis berdasarkan gambar berseri. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa keterampilan menulis cerita pendek dalam bahasa Bugis berdasarkan gambar berseri siswa kelas VIII MTs Yasrib Tajuncu Kabupaten Soppeng berada dalam kategori tidak mampu. Hal ini dinyatakan berdasarkan hasil penilaian secara keseluruhan yang memperoleh nilai 75 - 100 yaitu hanya 11 orang (52,38%) dari 21 jumlah siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA > Pendidikan Bahasa dan sastra Bahasa Indonesia
Divisions: FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 23 Apr 2018 06:06
Last Modified: 23 Apr 2018 06:06
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/7860

Actions (login required)

View Item View Item