“Keefektifan Penggunaan Media Pembelajaran Audio Visual dalam Menyusun Teks Puisi Siswa Kelas VII SMP Negeri I Tinambung“

MUTTALIB, ABDUL (2015) “Keefektifan Penggunaan Media Pembelajaran Audio Visual dalam Menyusun Teks Puisi Siswa Kelas VII SMP Negeri I Tinambung“. S1 thesis, Pascasarjana.

[img] Text
ARTIKEL TESIS ABDUL MUTTALIB.docx

Download (52kB)

Abstract

ABSTRAK Tujuan penelitian yakni (1) mendeskripsikan dan menjelaskan kemampuan menulis puisi siswa kelas VII SMP Negeri I Tinambung sebelum penggunaan media pembelajaran berbasis audio visual, (2) mendeskripsikan dan menjelaskan kemampuan menulis puisi siswa kelas VII SMP Negeri I Tinambung setelah penggunaan media pembelajaran berbasis audio visual, (3) membuktikan efektifitas penggunaan media pembelajaran berbasis audio visual dalam kemampuan menulis puisi siswa kelas VII SMP Negeri I Tinambung. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (quasi eksperimen) dengan jenis penelitian pretes-posttes control design. Populasi dalam penelitian 94 orang terbagi dalam lima kelas. Teknik cluster sampling digunakan untuk menentukan sampel 36 orang terdiri dari kelas kontrol dan kelas ekperimen atau masing-masing kelas terdiri dari 18 orang. Instrumen penelitian tes uraian. Data yang diperoleh dianalisis dengan statistik deskriptif dan statistik inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1) kemampuan menulis puisi siswa kelas VII SMP Negeri I Tinambung sebelum menggunakan media audio visual berkategori belum memuaskan dilihat dari peroleh nilai rata-rata (mean) pre tes kelas kontrol sebesar 2,05 dengan persentase 44,44%. Sedangkan perolehan nilai rata-rata kelas eksperimen sebesar 2,00 dengan persentase 61,11%, (2) kemampuan menulis puisi siswa kelas VII SMP Negeri I Tinambung setelah menggunakan media pembelajaran berbasis audio visual pada kelas eksperimen berada dalam kategori baik dilihat dari hasil post-test yang menujukkan nilai rata-rata (mean) sebesar 2,81 dengan persentase 38,89%, (3) keefektifan penggunaan media pembelajaran berbasis audio visual dalam kemampuan menulis puisi dilihat dari hasil uji hipotesis menunjukkan nilai t hitung (5,445) > t tabel (2,04) dengan kata lain, HI diterima atau penggunaan media pembelajaran audio visual efektif dalam pembelajaran menulis puisi siswa kelas VII SMP Negeri I Tinambung. Kata Kunci: keefektifan media audio visual dan keterampilan menulis puisi.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA
PASCASARJANA > BAHASA INDONESIA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 23 Apr 2018 03:20
Last Modified: 23 Apr 2018 03:20
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/7835

Actions (login required)

View Item View Item