Pengaruh Social Game Terhadap Siswa Yang Pasif Dalam Belajar Di SMP Negeri 2 Bantaeng

MALIK, IRMA ERFIANA (2015) Pengaruh Social Game Terhadap Siswa Yang Pasif Dalam Belajar Di SMP Negeri 2 Bantaeng. Diploma thesis, FIP.

[img] Text
bab I hipoaktif.doc

Download (56kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini menelaah pengaruh Social Game terhadap siswa yang pasif dalam belajar di SMP Negeri 2 Bantaeng. Masalah penelitian ini adalah: 1. Bagaimanakah pelaksanaan social game terhadap siswa yang pasif dalam belajar di SMP Negeri 2 Bantaenng?. 2. Bagaimanakah tingkat kepasifan dalam belajar siswa di SMP Negeri 2 Bantaeng? 3. Bagaimanakah pengaruh social game terhadap siswa yang pasif dalam belajar di SMP Negeri 2 Bantaeng?. Tujuan Penelitian ini adalah: 1. Untuk mengetahui pelaksanaan social game terhadap siswa yang pasif dalam belajar di SMP Negeri 2 Bantaeng. 2.Untuk mengetahui siswa yang pasif dalam belajar di SMPN Negeri 2 Bantaeng. 3. Untuk mengetahui pengaruh social game terhadap siswa yang pasif dalam belajar di SMP Negeri 2 Bantaeng. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen, subjek penelitian adalah 20 siswa yang merupakan siswa kelas VIII di SMP Negeri 2 Bantaeng pada tahun ajaran 2015/2016. Pengumpulan data menggunakan instrumen observasi dan angket . Analisis data menggunakan analisis statistik Deskriptif dan analisis statistik inferensial, yaitu uji Wilcoxon. Hasil penelitian telah berlangsun sesuai dengan scenario yaitu: 1. Pelaksanaan social game dibagi menjadi tiga bagian yakni pendahuluan, pelaksanaan dan evaluasi dan terminasi. Bagian pendahuluan konselor membangun rapport agar lebih akrab dengan konseli. Pada bagian pelaksanaan dibagi menjadi tiga kali yaitu game perkenalan, stand up, rolling ball, pindah gelas dan menggambar gambar bersama. Pada bagian evaluasi, konselor menilai perkembangan siswa. 2. Siswa yang pasif dalam belajar di SMP Negeri 2 Bantaeng sebelum perlakuan (Pretest) pada umumnya berada pada kategori tinggi. Namun, setelah siswa diberi social game menunjukkan perubahan dari siswa yang pasif dalam belajar tinggi menjadi berkurang.3. Social Game berpengaruh dalam mengurangi tingkat kepasifan siswa dalam belajar di SMP Negeri 2 Bantaeng . Artinya social game efektif digunakan dalam mengurangi kepasifan siswa dalam belajar di SMP Negeri 2 Bantaeng.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ILMU PENDIDIKAN
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 23 Apr 2018 02:12
Last Modified: 23 Apr 2018 02:12
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/7817

Actions (login required)

View Item View Item