Upaya Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar IPA Melalui Penerapan Lembar Kegiatan Peserta Didik Berbasis Penemuan Terbimbing pada Peserta Didik Kelas VIII-1 SMP Negeri 5 Bontoramba Kabuputen Jeneponto

KARIM ISMAIL, ABD (2015) Upaya Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar IPA Melalui Penerapan Lembar Kegiatan Peserta Didik Berbasis Penemuan Terbimbing pada Peserta Didik Kelas VIII-1 SMP Negeri 5 Bontoramba Kabuputen Jeneponto. S1 thesis, Pascasarjana.

[img] Text
ARTIIKEL TESIS.doc

Download (164kB)

Abstract

ABSTRAK Telah dilakukan penelitian tindakan kelas yang secara umum bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar pada peserta didik Kelas VIII-1 SMP Negeri 5 Bontoramba Kabupaten Jeneponto Semester Genap Tahun Pelajaran 2014/2015 dengan jumlah peserta didik 23 orang. Secara khusus penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan penerapan Lembar Kegiatan Peserta Didik Berbasis Penemuan Terbimbing untuk meningkatkan hasil belajar IPA (2) mendeskripsikan penerapan Lembar Kegiatan Peserta Didik Berbasis Penemuan Terbimbing untuk meningkatkan aktivitas belajar IPA (3) Mendeskripsikan respon peserta didik terhadap pembelajaran dan Lembar Kegiatan Peserta Didik Berbasis Penemuan Terbimbing. Pada tahap awal perencanaan, dilakukan validasi oleh para ahli dan direvisi sehingga didapatkan hasil perangkat pembelajaran yang layak untuk digunakan Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, di mana masing-masing-masing siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Siklus I terdiri dari enam pertemuan, demikian pula halnya dengan Siklus II. Data aktivitas peserta didik diperoleh dengan Lembar Observasi aktivitas peserta didik, sedangkan data hasil belajar peserta didik diperoleh dari tes hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) aktivitas belajar peserta didik kelas VIII-1 SMP Negeri 5 Bontoramba Kabupaten Jeneponto pada pembelajaran yang menerapkan LKPD Berbasis Penemuan Terbimbing pada materi Sistem Transportasi di siklus I berada pada kategori baik, sedangkan pada siklus II pada materi Indera Pendengaran dan Sistem Sonar pada Makhluk Hidup penelitian tindakan kelas ini berada pada kategori sangat baik (2) hasil belajar aspek kognitif peserta didik kelas VIII-1 SMP Negeri 5 Bontoramba Kabupaten Jeneponto pada pembelajaran yang menerapkan LKPD Berbasis Penemuan Terbimbing berada pada kategori tinggi dengan persentase ketuntasan belajar 56,52% pada siklus I dan 86,96% pada siklus II. Sedangkan hasil belajar pada aspek psikomotorik pada pembelajaran yang menerapkan LKPD Berbasis Penemuan Terbimbing mengalami peningkatan dari kategori cukup di siklus I menjadi kategori baik pada Siklus II (3) hasil respon peserta didik berada kategori baik pada keempat dimensi yaitu: rata-rata dimensi perhatian 72,17%, rata-rata dimensi relevansi 65,65%, rata-rata dimensi percaya diri 72,17% dan rata-rata dimensi kepuasan 65,72%.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > FISIKA (S2)
PASCASARJANA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 23 Apr 2018 01:41
Last Modified: 23 Apr 2018 01:41
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/7808

Actions (login required)

View Item View Item