Penerapan Teknik Self Control Dalam Konseling Kelompok Untuk Mengurangi Perilaku Bullying Siswa di SMAN 9 Bulukumba.

Tatang, Akhmad (2015) Penerapan Teknik Self Control Dalam Konseling Kelompok Untuk Mengurangi Perilaku Bullying Siswa di SMAN 9 Bulukumba. Diploma thesis, FIP.

[img] Text
BAB 1.docx

Download (30kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini menelaah penerapan teknik self control dalam konseling kelompok untuk mengurangi perilaku bullying siswa di SMA Negeri 9 Bulukumba. Masalah utama penelitian ini adalah: 1. Bagaimana gambaran perilaku bullying siswa sebelum dan sesudah penerapan teknik self control dalam konseling kelompok? 2. Apakah penerapan self control dalam konseling kelompok dapat mengurangi perilaku bullying di SMAN 9 Bulukumba? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui : 1. gambaran perilaku bullying siswa sebelum dan sesudah penerapan teknik self control dalam konseling kelompok. 2. penerapan teknik self control dalam konseling kelompok dapat mengurangi perilaku bullying di SMAN 9 Bulukumba. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian pre-experimental design. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 68 orang, dan sampel sebanyak 12 orang. Pengumpulan data dengan menggunakan instrumen angket dan observasi. Analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial dengan uji wilcoxon. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Gambaran tingkat perilaku bullying siswa di SMA Negeri 9 Bulukumba sebelum diberi perlakuan pada kategori tinggi. Setelah diberi perlakuan tingkat intensitas bullying mengalami penurunan yakni berada pada kategori rendah. (2) Penerapan teknik self control dalam konseling kelompok dapat mengurangi perilaku bullying, artinya bila teknik self control dalam konseling kelompok ini digunakan maka dapat mengurangi perilaku bullying siswa di SMA Negeri 9 Bulukumba.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ILMU PENDIDIKAN
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 23 Apr 2018 01:27
Last Modified: 23 Apr 2018 01:27
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/7807

Actions (login required)

View Item View Item