Pengaruh Model Pembelajaran dan Minat Belajar terhadap Hasil Belajar IPA Peserta didik Kelas VII SMP Negeri 26 Makassar

RISMAH A, RISMAH A (2015) Pengaruh Model Pembelajaran dan Minat Belajar terhadap Hasil Belajar IPA Peserta didik Kelas VII SMP Negeri 26 Makassar. S1 thesis, Pascasarjana.

[img] Text
JURNAL TESIS.docx

Download (48kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini merupakan penelitian ”Eksperimen Semu” yang bertujuan untuk mengetahui: (1) ada tidaknya perbedaan hasil belajar IPA antara peserta didik yang diajar menggunakan model problem based learning dengan menggunakan model discovery learning; (2) ada tidaknya perbedaaan hasil belajar IPA antara peserta didik yang diajar menggunakan model problem based learning dengan menggunakan model discovery learning pada peserta didik yang memiliki minat belajar tinggi; (3) ada tidanya perbedaaan hasil belajar IPA antara peserta didik yang diajar menggunakan model problem based learning dengan menggunakan model discovery learning pada peserta didik yang memiliki minat belajar rendah; dan (4) ada tidaknya interaksi antara model pembelajaran dan minat belajar terhadap hasil belajar IPA. Desain Penelitian yang digunakan adalah “Desain Faktorial 2 x 2”. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VII SMP Negeri 26 Makassar yang terdiri dari sembilan kelas yang berjumlah 270 orang peserta didik. Penentuan sampel dilakukan melalui pengacakan kelas dengan asumsi seluruh kelas dianggap homogen. Dengan teknik pengambilan sampel tersebut, diperoleh dua dari sembilan kelas yang ada secara acak yaitu kelas VII9 sebagai kelas eksperimen dan kelas VII7 sebagai kelas kontrol dengan jumlah peserta didik masing-masing terdiri dari 29 orang. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan analisis varians dua jalur yang dilanjutkan dengan Uji Tukey dengan menggunakan program SPSS versi 20.0 for windows dengan taraf signifikansi 5 %. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar IPA antara peserta didik yang diajar dengan model problem based learning dan peserta didik yang diajar menggunaan model discovery learning; (2) tidak terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar IPA antara peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran problem based learning dan menggunakan model pembelajaran discovery learning, pada peserta didik yang memiliki minat belajar tinggi; (3) tidak terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar IPA antara peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran problem based learning dan menggunakan model pembelajaran discovery learning, pada peserta didik yang memiliki minat belajar yang rendah; dan (4) tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran dan minat belajar terhadap pencapaian hasil belajar IPA. Kata Kunci : Model Pembelajaran, Minat Belajar, Hasil Belajar IPA.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > FISIKA (S2)
PASCASARJANA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 23 Apr 2018 01:26
Last Modified: 23 Apr 2018 01:26
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/7805

Actions (login required)

View Item View Item