Penerapan Teknik Analisis Transaksional untuk meningkatkan keterampilan berkomunikasi siswa SMP Negeri 35 Makassar.

Dwi P, Fajariansyah (2015) Penerapan Teknik Analisis Transaksional untuk meningkatkan keterampilan berkomunikasi siswa SMP Negeri 35 Makassar. Diploma thesis, FIP.

[img] Text
BAB I.docx

Download (27kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini menelaah penerapan Teknik Analisis Transaksional untuk meningkatkan keterampilan berkomunikasi siswa SMP Negeri 35 Makassar. Masalah utama penelitian ini adalah: (1) Bagaimanakah gambaran penerapan Teknik Analisis Transaksional dalam meningkatkan keterampilan berkomunikasi siswa di SMP Negeri 35 Makassar, (2) Bagaimanakah tingkat keterampilan berkomunikasi siswa di SMP Negeri 35 Makassar sebelum dan sesudah penerapan Teknik Analisis Transaksional, (3) Apakah penerapan Teknik Analisis Transaksi dapat meningkatkan keterampilan berkomunikasi siswa di SMP Negeri 35 Makassar. Tujuan penelitian ini yaitu: (1) Untuk mengetahui gambaran pelaksanaan penerapan Teknik Analisis Transaksional, (2) Untuk mengetahui tingkat keterampilan berkomunikasi siswa di SMP Negeri 35 Makassar sebelum dan sesudah penerapan Teknik Analisis Transaksional, (3) Untuk mengetahui penerapan Teknik Analisis Transaksional dapat meningkatkan keterampilan berkomunikasi siswa di SMP Negeri 35 Makassar. Penelitian ini menggunakan pendekatan eksperimen yang bersifat kuantitatif dengan jenis penelitian Pre-Eksperimental Design. Disain Experimen yang digunakan adalah One-Group Pretest-Posttest Design. Subyek penelitian ini adalah 20 orang siswa kelas VIII-1 dan VIII-2 tahun ajaran 2013/2014, yang ditentukan dengan sampling jenuh (sensus). Pengumpulan data dengan menggunakan instrument angket dan observasi. Analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif, analisis non parametrik, yaitu uji wilcoxon. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Pelaksanaan penerapan Analisis Transaksional untuk meningkatkan keterampilan berkomunikasi siswa di SMP Negeri 35 Makassar dilakasanakan dengan 4 tahap. Yaitu “pentingnya komunikasi”, pemahaman tentang Ego-State dalam konseling Analisis Transaksional, pemberian konseling Analisis Transaksional, dan Evaluasi. (2) Tingkat keterampilan berkomunikasi siswa berada pada kategori rendah dan setelah diberi perlakuan tingkat keterampilan siswa berada pada kategori tinggi, (3) Penerapan Teknik Analisis Transaksional dapat meningkatkan keterampilan berkomunikasi siswa di SMP negeri 35 Makassar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ILMU PENDIDIKAN
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 23 Apr 2018 01:13
Last Modified: 23 Apr 2018 01:13
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/7802

Actions (login required)

View Item View Item