Penerapan Konseling Rational Emotif Behavioral Therapy Untuk Peningkatan Self Awareness (Kesadaran Diri) Siswa Di SMA Negeri 1 Bone-Bone

SULOLIPU, AHMAD MUZAKKIR (2015) Penerapan Konseling Rational Emotif Behavioral Therapy Untuk Peningkatan Self Awareness (Kesadaran Diri) Siswa Di SMA Negeri 1 Bone-Bone. Diploma thesis, FIP.

[img] Text
BAB I.docx

Download (35kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini menelaah Penerapan Konseling Rational Emotif Behavioral Therapy Untuk Peningkatan Self Awarenes (Kesadaran Diri) Siswa Di SMA Negeri 1 Bone-Bone, Kabupaten Luwu Utara. Permasalahan yang dikaji yaitu (1) Bagaimana pelaksanaan teknik konseling Rational Emotif Behavior Theraphy untuk meningkatkan kesadaran diri siswa SMA Negeri 1 Bone-Bone?, (2) Bagaimana tingkat kesadaran diri siswa setelah diberikan teknik konseling Rational Emotif Behavior Therapy pada siswa SMA Negeri 1 Bone-Bone? (3) Apakah teknik konseling Rational Emotif Behavior Therapy dapat meningkatkan kesadaran diri siswa SMA Negeri 1 Bone-Bone ?. Tujuan penelitian ini yaitu: (1) Mengetahui pelaksanaan teknik konseling Rational Emotive Behavior Therapy dapat meningkatkan kesadaran diri siswa di SMA Negeri 1 Bone-Bone. (2) Mengetahui tingkat kesadaran diri siswa sebelum dan setelah diberikan teknik konseling rational emotif behavior therapy di SMA Negeri 1 Bone-Bone. (3) Menguji teknik konseling Rational Emotif Behavior Therapy dalam meningkatkan kesadaran diri siswa di SMA Negeri 1 Bone-Bone. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian experimen. Desain penelitian yakni One-Group Pretest-Posttest Design. Subjek penelitian ini 12 orang yakni siswa kelas XI yang ditentukan dengan teknik purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan instrumen observasi, angket, dan wawancara. Analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif, analisis non-parametrik, yaitu uji Wilcoxon Signed Rank Test menggunakan SPSS 16,0 for windows. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Pelaksanaan teknik konseling rational emotif behavior therapy dilakukan dengan 6 kali pertemuan sesuai skenario yaitu sesi 1 Latihan mengaktifkan pengalaman, sesi 2 Latihan mengenali pemikiran dan keyakinan irasional, sesi 3 Latihan mengenali konsekuensi pemikiran dan keyakinan irasional, sesi 4 Latihan menghapus keyakinan irasional, sesi 5 Latihan mengenali pengaruh negatif, dan sesi 6 Latihan mengenali perasaan baru. (2) Kesadaran diri siswa yang rendah setelah diberikan konseling rational emotif behavior therapy mengalami peningkatan kesadaran diri. (3)Penerapan teknik konseling rational emotif behavior therapy dapat meningkatkan kesadaran diri siswa di SMA Negeri 1 Bone-Bone

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ILMU PENDIDIKAN
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 23 Apr 2018 01:01
Last Modified: 23 Apr 2018 01:01
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/7793

Actions (login required)

View Item View Item