RAHMAWATI, SITTI (2015) Efektivitas Pelaksanaan Supervisi Akademik Pengawas Sekolah pada SMK Negeri di Kabupaten Takalar. S1 thesis, Pascasarjana.
Text
Artikel rahma.docx Download (28kB) |
Abstract
ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) efektivitas pelaksanaan supervisi akademik pengawas SMK Negeri di Kabupaten Takalar pada aspek pemantauan berdasarkan penilaian guru, (2) efektivitas pelaksanaan supervisi akademik pengawas SMK Negeri di Kabupaten Takalar pada aspek penilaian berdasarkan penilaian guru, (3) ) efektivitas pelaksanaan supervisi akademik pengawas SMK Negeri di Kabupaten Takalar pada aspek pembimbingan/ pelatihan berdasarkan penilaian guru, (4) faktor-faktor yang mendukung dan menghambat kegiatan pelaksanaan supervisi akademik pengawas sekolah di SMK Negeri di Kabupaten Takalar. Penelitian ini bersifat survei yang dilakukan di seluruh SMK Negeri di Kabupaten Takalar dengan sampel penelitian adalah guru dengan jumlah sampel 174 guru, pengawas sekolah sebanyak 6 orang. Instrumen penelitian ini menggunakan kuesioner model skala Likert, pedoman wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa efektivitas pelaksanaan supervisi akademik pengawas SMK Negeri dari aspek pemantauan dimana 52,00 % responden menyatakan efektif. Penilaian guru terhadap pelaksanaan supervisi akademik pengawas SMK Negeri dalam aspek penilaian tampak 55,00 % responden menyatakan cukup efektif, kemudian penilaian terhadap pelaksanaan supervisi akademik pengawas SMK Negeri dalam aspek pembimbingan dan pelatihan ini terbukti ada 37,00 % responden menyatakan cukup efektif. Berdasarkan hasil wawancara dari pengawas sekolah tentang faktor yang mendukung dan menghambat kegiatan supervisi akademik yaitu: (1) faktor yang mendukung adalah dukungan moril maupun materi dari atasan dan dukungan fasilitas dari pihak sekolah, fasilitas dari dinas pendidikan serta dukungan kesiapan dari rencana program kerja akademik pengawas sekolah itu sendiri, (2) Faktor penghambat adalah fasilitas kantor yang diberikan masih kurang, fasilitas sarana prasarana sekolah masih kurang, biaya transportasi tidak diberikan dari kantor dan kelemahan dari guru adalah pengelolaan kelas terutama metode pembelajaran, pemanfaatan media dan kesesuaian perangkat pembelajaran pada proses pembelajaran. Kata kunci: Supervisi Akademik, pengawas sekolah, efektivitas
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | PASCASARJANA |
Divisions: | PROGRAM PASCASARJANA |
Depositing User: | UPT PERPUSTAKAAN UNM |
Date Deposited: | 23 Apr 2018 00:35 |
Last Modified: | 23 Apr 2018 00:35 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/7777 |
Actions (login required)
View Item |