pengembangan Metode Bermain Puzzle Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Kata Pada Kelompok B Di Raodatul Athfal (RA) Farida Aryani Makassar.

JAMIL, SYARIFAH H (2016) pengembangan Metode Bermain Puzzle Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Kata Pada Kelompok B Di Raodatul Athfal (RA) Farida Aryani Makassar. Diploma thesis, FIP.

[img]
Preview
Text
11.pdf

Download (105kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Rumusan masalah dalam pengembangan pembelajaran ini adalah bagaimana mengembangkan kegiatan bermain puzzle untuk meningkatkan kemampuan membaca kata anak Kelompok B di RA Farida Aryani Makassar. Tujuan pengembangan pembelajaran untuk memperoleh gambaran dalam pengembangan metode bermain puzzle untuk meningkatkan kemampuan membaca kata pada kelompok B di RA Farida Aryani. Pendekatan yang digunakan dalam pengembangan ini adalah pendekatan kualitatif dan jenis penyelesaian adalah Skripsi Pengembangan Pembelajaran. Fokus pengembangan ini adalah pengembangan metode bermain puzzle untuk meningkatkan kemampuan membaca kata. Prosedur pengembangan meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek dalam pengembangan ini adalah kelompok B Raodatul Athfal (RA) Farida Aryani Makassar yaitu 1 orang guru dan anak didik yang berjumlah 10 orang, yang terdiri atas 5 anak laki – laki dan 5 anak perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi dan dokumentasi. Hasil pengembangan pembelajaran menunjukkan bahwa dengan menggunakan metode bermain puzzle maka dapat meningkatkan kemampuan membaca pada kelompok B di Raodatul Athfal (RA) Farida Aryani Makassar. Hal ini dapat dilihat pada pertemuan I terdapat 4 anak didik atau 40% yang mampu menyebutkan huruf abjad tanpa bantuan guru. Pertemuan II terdapat 4 anak didik atau 40% yang mampu menyebutkan huruf abjad. Pertemuan III terdapat 6 anak atau 60% yang mampu menyebutkan huruf awal dari nama benda / gambar yang ada. Pertemuan IV terdapat 7 anak atau 70% yang mampu menyebutkan suku kata awal dan akhir. Pertemuaan V terdapat 8 anak atau 80% yang mampu menghubungkan kata sesuai dengan gambar yang ada.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1)
ILMU PENDIDIKAN
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 23 Apr 2018 00:29
Last Modified: 24 Apr 2018 00:27
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/7774

Actions (login required)

View Item View Item