engembangan Instrumen Penilaian Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) pada Kurikulum 2013

KASMAN, KASMAN (2015) engembangan Instrumen Penilaian Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) pada Kurikulum 2013. S1 thesis, Pascasarjana.

[img] Text
JURNAL TESIS.docx

Download (45kB)

Abstract

ABSTRAK Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan instrumen penilaian pembelajaran yang memenuhi kriteria valid, reliabel, praktis dan efektif. Kegiatan penelitian terdiri atas dua tahap yaitu pengembangan dan ujicoba terbatas. Tahap pengembangan meliputi kegiatan prasurvai, studi hasil-hasil penelitian, analisis masalah, penyusunan draft penilaian dan validasi pakar dan praktisi. Kegiatan tahap ujicoba terbatas meliputi, uji keterbacaan, evaluasi dan revisi. Analisis data dilakukan dua tahap, yaitu pada tahap pengembangan dan di akhir ujicoba terbatas. Analisis pada tahap pengembangan model dilakukan dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Analisis kualitatif dilakukan untuk menganalisis data hasil validasi instrumen penilaian oleh para pakar dan praktisi. Analisis pada akhir tahap ujicoba terbatas untuk mengetahui efektivitas instrumen penilaian secara empirik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada 50% guru mengatakan instrumen penilaian dibutuhkan dan 50% guru mengatakan instrumen penilaian cukup dibutuhkan. Instrumen penilaian ini dirancang sesuai prosedur pengembangan yang mengadopsi model R&D (research and development) yang telah memenuhi kriteria validitas isi dengan kategori sangat tinggi (0,8-1). Tingkat kesepakatan (reliabilitas) penilai dalam memberikan penilaian adalah nilai koefisien reliabilitas instrumen ini lebih besar dari batas bawah yang ditentukan sebesar 0.70, sehingga instrumen tersebut memenuhi syarat kriteria reliabel. Instrumen penilaian ini memiliki kepraktisan yang sangat baik karena semua perangkat penilaian yang digunakan di dalam pelaksanaannya mudah dilakukan serta mudah pengadministrasiannya. Hal ini tergambar dari skor rata-rata 4.00 (Sangat praktis). Sedangkan efektivitas instrumen penilaian ini dapat dilihat dari hasil belajar peserta didik yang telah berada dalam kategori tuntas karena rata- rata hasil belajar siswa berada pada rentang nilai B dan A- serta nilai sikap berada pada rentang baik dan sangat baik.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > ADMINISTRASI PENDIDIKAN - (S2)
PASCASARJANA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 20 Apr 2018 08:59
Last Modified: 20 Apr 2018 08:59
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/7763

Actions (login required)

View Item View Item