Studi Evaluatif Terhadap Pelaksanaan Penilaian Autentik pada Guru Seni Budaya Jenjang SMP di Kota Makassar

RANTAUWATI, Hj (2015) Studi Evaluatif Terhadap Pelaksanaan Penilaian Autentik pada Guru Seni Budaya Jenjang SMP di Kota Makassar. S1 thesis, Pascasarjana.

[img] Text
Artikel.docx

Download (47kB)

Abstract

ABSTRAK Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui persiapan guru berupa rancangan RPP, mengetahui pelaksanaan penilaian hasil belajar serta pendokumentasian hasil belajar peserta didik oleh guru seni budaya jenjang SMP di Kota Makassar. Sumber data untuk penelitian ini adalah empat guru seni budaya dari dua Sekolah Menengah Pertama yang ada di Kota Makassar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif melalui studi evaluasi. Instrumen penelitian terdiri dari peneliti sebagai instrumen utama, lembar observasi, angket, pedoman wawancara, catatan lapangan, dan kamera untuk mengambil foto. Dalam proses pengumpulan data, peneliti melakukan observasi kelas langsung. Dalam menganalisis data, peneliti menggunakan model stake yang terdiri dari 3 tahap, yaitu: masukan (antencedent), proses (transaction), dan hasil (outcomes). Dari ketiga komponen yang dievaluasi yaitu komponen masukan (antencedent) berupa rancangan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, komponen masukan (transaction) berupa pelaksanaan penilaian hasil pembelajaran, dan komponen hasil (outcomes) berupa dokumen hasil penilaian pembelajaran peserta didik, hasilnya setelah dibandingkan dengan kriteria standar yang digunakan dalam penelitian ini berdasarkan rubrik penilaian tergolong ada pada kategori ”kurang” terutama pada bagian komponen penilaian sikap spiritual dan sosial, yaitu penilaian antar teman dan penilaian diri. Penilaian pengetahuan yaitu pada

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > PENDIDIKAN SENI RUPA - (S2)
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 20 Apr 2018 08:53
Last Modified: 20 Apr 2018 08:53
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/7760

Actions (login required)

View Item View Item