“Pengaruh Pelaksanaan Pembelajaran Word Square Terhadap Hasil belajar IPA Kelas V SDN 88 Loka Kecamatan Baraka”

Irwan, Irwan (2015) “Pengaruh Pelaksanaan Pembelajaran Word Square Terhadap Hasil belajar IPA Kelas V SDN 88 Loka Kecamatan Baraka”. S1 thesis, Pascasarjana.

[img] Text
JURNAL IRWAN.doc

Download (227kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Bagaimana pelaksanaan pembelajaran Word Square pada murid SDN 88 Loka Kecamatan Baraka; (2) Bagaimana hasil belajar IPA SDN 88 Loka(3) Adakah pengaruh pelaksanaan pembelajaran Word Square terhadap hasil belajar IPA SDN 88 Loka Kecamatan Baraka Jenis Penelitian ini adalah penelitian free experimen Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh SDN 88 Loka di Kecamatan Baraka Kabupaten Enrekang. Pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik random sampling dengan memilih kelas V dari enam kelas yang ada. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat hubungan signifikan pelaksanaan pembelajaran word square pada murid SDN 88 Loka kecamatan Baraka;(2) terdapat peningkatan hasil belajar IPA SDN 88 Loka kecamatan Baraka; (3) ada pengaruh pelaksanaan pembelajaran word square terhadap hasil belajar IPA SDN 88 Loka Kecamatan Baraka (1)pelaksanaan pembelajaran Word Square mengalami peningkatan yang signifikan dengan persentase pada pertemuan I hanya berada pada kategori sedang dan pertemuan II mengalami peningkatan sehingga berada pada kategori tinggi Ini berarti aktivitas siswa mengalami peningkatan (2) awal hasil belajar IPA SDN 88 Loka pada materi gejala alam beserta dampaknya yang dikerjakan oleh 22 Murid kelas V. Dari hasil perhitungan statistik, maka diperoleh bahwa nilai rata-rata tes awal (pre-test) masi berada pada kategori sedang. (3)Pengaruh pelaksanaan pembelajaran Word Square berdasarkan analisis data menunjukkan bahwa hasil belajar IPA diperoleh nilai rerata pre-test sebesar 65,00 sedangkan nilai rerata pos-test sebesar 78,95, dilihat dari rata-rata nilai pre-test dan post-test ,maka diketahui bahwa ada peningkatan rata-rata untuk hasil belajar sesudah perlakuan lebih besar dibandingkan dengan hasil belajar sebelum perlakuan. Kata kunci: Pembelajaran Word Square, Hasil Belajar IPA

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > ADMINISTRASI PENDIDIKAN - (S2)
Divisions: FAKULTAS SENI DAN DESAIN
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 20 Apr 2018 08:48
Last Modified: 20 Apr 2018 08:48
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/7758

Actions (login required)

View Item View Item