Pengembangan Perangkat Penilaian Hasil Belajar Fisika Peserta Didik Kelas X SMAN 17 Makassar

SARTIKA, RISMA PUTRI (2015) Pengembangan Perangkat Penilaian Hasil Belajar Fisika Peserta Didik Kelas X SMAN 17 Makassar. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img] Text
1.docx

Download (74kB)
[img] Text
5.docx

Download (58kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat penilaian hasil belajar fisika peserta didik kelas X SMAN 17 Makassaryang terdiri atas instrumen, rubrik, dan petunjuk pengolahan skor pada ranah sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan instrumen yang melibatkan subjek uji cobasebanyak169orang peserta didik kelas X di SMAN 17 Makassar. Pengumpulan data pada proses validasi teoretisdilakukan dengan teknik panel dan pada proses validasi empiris dilakukan dengan teknik tes serta nontes. Teknik analisis data yang digunakan ialah kuantitatif deskriptif dan inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwasemua instrumen valid secara isi dimana 4 butir gugur pada skala penilaian sikap ilmiah dan 1 butir gugur pada tes tertulis. Hasil validasi muka dan analisis butir secara kualitatif menunjukkan bahwa perangkat dapat digunakan sebagai perangkat penilaian hasil belajar fisika peserta didik kelas X. Pada tahap validasi empiris, 1 butir gugur pada skala penilaian diri aspek sikap spiritual, 1 butir pada skala penilaian teman sebaya aspek sikap menghargai, dan 6 butir pada tes tertulis. Setelah validasi isi berdasarkan kisi-kisi, semua instrumen valid dan dinyatakan reliabel setelah uji reliabilitas. Perangkat penilaian hasil belajar fisika peserta didik kelas X SMAN 17 Makassarfinal meliputi: (1) skala penilaian diri aspek sikap spiritualterdiri atas 20 butir; (2) skala penilaian sikap ilmiahdisertai rubrik terdiri atas 13 butir; (3) skala penilaian teman sebaya aspek sikap menghargai terdiri atas 14 butir; (4) tes tertulis terdiri atas 23 butir; (5) skala penilaian penugasan disertai rubrik terdiri atas 3 tugas/ 6 butirdan; (6) skala penilaian praktik disertai rubrik terdiri atas 4 praktik/19 butir; (7) skala penilaian proyek disertai rubrik terdiri atas 2 proyek/6 butir; dan (8) skala penilaian portofolio disertai rubrik terdiri atas 9 butir.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 19 Apr 2018 06:24
Last Modified: 19 Apr 2018 06:24
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/7710

Actions (login required)

View Item View Item