Pengembangan Metode Bercerita Melalui Media Gambar Seri Untuk Meningkatkan Kemampuan Bercerita Anak Di Taman Kanak-kanak Aisyiyah Bustanul Atfhal II Cabang Karunrung Kota Makassar.

RISMAWATI MS, RISMAWATI MS (2016) Pengembangan Metode Bercerita Melalui Media Gambar Seri Untuk Meningkatkan Kemampuan Bercerita Anak Di Taman Kanak-kanak Aisyiyah Bustanul Atfhal II Cabang Karunrung Kota Makassar. Diploma thesis, FIP.

[img]
Preview
Text
25.pdf

Download (99kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Kemampuan bercerita merupakan kemampuan agar anak mengungkapkan pikiran melalui bahasa lisan yang sederhana secara tepat, mampu berkomunikasi secara efektif dan membangkitkan minat untuk dapat berbahasa Indonesia. Kemampuan bercerita diukur dengan kemampuan menceritakan kembali kejadian secara sederhana disesuaikan dengan usia anak, Media gambar seri adalah media atau komponen komunikasi yang berfungsi sebagai perantara atau pembawa pesan dari pengirim ke penerima. Tujuan mengetahui bagaimana meningkatkan kemampuan bercerita anak melalui penerapan metode bercerita dengan menggunakan media gambar seri di Taman Kanak-kanak Aisyiyah Bustanul Athfal II Aisyiyah Cabang Karunrung Makassar. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dan jenis penyelesaian adalah Laporan Pengembangan Pembelajaran. Fokus pengembangan ini adalah kemampuan bercerita anak dengan metode bercerita melalui media gambar seri. Prosedur pengembangan meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah kelompok B Taman Kanak-kanak Aisyiyah Bustanul Atfhal II Cabang Karunrung Kota Makassar yaitu 1 orang guru dan anak yang berjumlah 12 orang, yang terdiri atas 6 anak laki-laki dan 6 anak perempuan. Tehnik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi dan dokumentasi. Hasil pengembangan pembelajaran menunjukkan bahwa dengan menggunakan metode bercerita melalui gambar seri maka dapat meningkatkan kemampuan bercerita anak pada kelompok B di Taman Kanak-kanak Aisyiyah Bustanul Atfhal II Cabang Karunrung Kota Makassar. Berdasarkan hasil penelitian pengembangan pembelajaran bahwa melalui kegiatan pengembangan metode bercerita anak dapat ditingkatkan dengan baik. Pengenalan pada metode melalui gambar seri dan aspek – aspek pengembangannya dapat membangun kemampuan berbahasa anak. Hal ini menunjukkkan bahwa metode bercerita melalui media gambar seri dapat meningkatkan kemampuan bercerita anak di Taman Kanak-kanak Aisyiyah Bustanul Atfhal II Cabang Karunrung Kota Makassar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1)
ILMU PENDIDIKAN
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 19 Apr 2018 05:40
Last Modified: 24 Apr 2018 00:53
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/7695

Actions (login required)

View Item View Item