Pengembangan Media Kartu Angka Bergambar Untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan Pada Anak Didik di Taman Kanak-Kanak Ceria Bunga Bangsa.

HARTATI, HARTATI (2016) Pengembangan Media Kartu Angka Bergambar Untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan Pada Anak Didik di Taman Kanak-Kanak Ceria Bunga Bangsa. Diploma thesis, FIP.

[img]
Preview
Text
4.pdf

Download (88kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Rumusan masalah ini menelaah bagaimana pengembangan media kartu angka bergambar untuk meningkatkan kemampuan mengenal konsep bilangan pada anak didik kelompok B1 di Taman Kanak-Kanak Ceria Bunga Bangsa Kecamatan Manggala Kota Makassar. Penelitian ini bertujuan mengetahui pengembangan media kartu angka bergambar untuk meningkatkan kemampuan mengenal konsep bilangan pada anak didik kelompok B1 di Taman Kanak-Kanak Ceria Bunga Bangsa Kecamatan Manggala Kota Makassar. Pendekatan penelitian ini yaitu pendekatan kualitatif, dimana data akan dianalisis secara kualitatif dalam bentuk kata-kata. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK), dengan tahapan-tahapan pelaksanaan meliputi reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi yang dilakukan secara bertahap dan berulang-ulang. Subjek penelitian ini adalah anak didik kelompok B1 di Taman Kanak-Kanak Ceria Bunga Bangsa Kecamatan Manggala Kota Makassar yang berjumlah 10 anak ingkatkan didik yang terdiri dari 5 orang anak laki-laki dan 5 orang anak perempuan serta 1 orang guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada pertemuan pertama sampai pertemuan ketiga kemampuan mengenal konsep bilangan anak sedikit demi sedikit mulai meningkat dibandingkan sebelumnya kurang tapi setelah melalui pengembangan media kartu angka bergambar untuk meningkatkan kemampuan mengenal konsep bilangan anak sudah meningkat, walaupun peningkatannya masih relatif sedikit. Pada pertemuan keempat sampai keenam kemampuan mengenal konsep bilangan anak sudah maksimal meningkat selama kegiatan pembelajaran dan proses belajar mengajar berlangsung. Hal ini ditandai dengan keaktifan anak yang awalnya tidak tertarik melalui pengembangan media kartu angka bergambar mengenal konsep bilangan anak didik kelompok B1 di Taman Kanak-Kanak Ceria Bunga Bangsa sudah meningkat. Kesimpulannya melalui pengembangan media kartu angka bergambar kemampuan mengenal konsep bilangan anak pada kelompok B1 di Taman Kanak-Kanak Ceria Bunga Bangsa Kecamatan Manggala Kota Makassar dapat meningkat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1)
ILMU PENDIDIKAN
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 19 Apr 2018 03:06
Last Modified: 23 Apr 2018 08:20
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/7676

Actions (login required)

View Item View Item