Hasmi, Sitti (2016) Penerapan Metode Drill untuk pengembangan kemampuan menulis permulaan pada kelompok B di Taman Kanak-Kanak Islam Al Markaz Al Islami Makassar. Diploma thesis, FIP.
|
Text
10.pdf Download (63kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimanakah kemampuan menulis permulaan pada anak kelompok B di Taman Kanak-Kanak Islam Al Markaz Al Islami Makassar dapat meningkat melalui Metode Driil ?. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan kemampuan menulis permulaan pada anak kelompok B di Taman Kanak-Kanak Islam Al Markaz Al Islami Makassar.Pendekatan dan Jenis Penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan jenis penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research).Fokus penelitian ini adalah penerapan metode driil untuk pengembangan kemampuan menulis permulaan .Subjek penelitian yaitu anak kelompok B dengan jumlah anak didik sebanyak 22 orang,terdiri dari 15 laki-laki dan 7 perempuan serta 2 orang guru.Pelaksanaan tindakan kelas terdiri dari dua siklus,tiap siklus dilaksanakan melalui tahap perencanaan,tindakan,observasi,dan refleksi.Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi dan dokumentasi.Data yang dikumpulkan dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif kualitatif.Hasil pada siklus I penerapan metode driil pada pengembangan kemampuan menulis permulaan anak didik masih berada pada kategori masih kurang, dan siklus II penerapan metode driil untuk pengembangan kemampuan menulis permulaan anak didik menunjukkan peningkatan dengan kategori baik.Dengan demikian penerapan metode drill efektif digunakan dalam meningkatkan kemampuan menulis permulaan pada anak kelompok B di TK Islam Al Markaz Al Islami Makassar.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1) ILMU PENDIDIKAN |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | UPT PERPUSTAKAAN UNM |
Date Deposited: | 19 Apr 2018 02:08 |
Last Modified: | 24 Apr 2018 00:26 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/7662 |
Actions (login required)
View Item |