Meningkatkan kualitas pembelajaran matematika melalui penerapan model pembelajaran problem based learning dengan pendekatan scientific untuk siswa kelas VIIa SMP UNISMUH Makassar

Nurfadilah, Nurfadilah (2015) Meningkatkan kualitas pembelajaran matematika melalui penerapan model pembelajaran problem based learning dengan pendekatan scientific untuk siswa kelas VIIa SMP UNISMUH Makassar. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img] Text
artikel.docx

Download (37kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran matematika melalui penerapan model pembelajaran problem based learning dengan pendekatan scientific pada siswa kelas VIIa SMP UNISMUH Makassar. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIIa SMP UNISMUH Makassar. Data yang dikumpulkan terdiri dari data hasil belajar siswa, data aktivitas siswa selama proses pembelajaran berlangsung, dan data respon siswa terhadap model pembelajaran problem based learning dengan pendekatan scientific. Selanjutnya data dianalisis melalui teknik analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar matematika siswa pada siklus I mencapai ketuntasan belajar 14% , nilai rata-rata 59,75 dengan deviasi standar sebesar 13,24 dan skor ideal adalah 100 berada pada kategori sedang. Siklus II mencapai ketuntasan belajar 66% , nilai rata-rata 74,96 dengan deviasi standar sebesar 8,13 dan skor ideal adalah 100 berada pada kategori tinggi. Siklus III mencapai ketuntasan belajar 93% , nilai rata-rata 85,06 dengan deviasi standar sebesar 7,83 dan skor ideal adalah 100 berada pada kategori sangat tinggi. Aktivitas siswa menunjukkan peningkatan terutama aktivitas dalam hal mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, kemudian mengolah dan mengkomunikasikan informasi yang didapatkan untuk menyelesaikan masalah yang diberikan. Pada siklus I skor rata-rata 3,0 ketegori baik, siklus II rata-rata skor 3,5 kategori sangat baikdan siklus III juga pada kategori sangat baik dengan rata-rata 3,8. Selanjutnya respons siswa pada umumnya positif, menurut mereka model problem based learning dengan pendekatan scientific dapat menumbuhkan kekompakan anggota kelompok, terutama pada saat mereka mendiskusikan, dimana mereka dapat saling bertukar pikiran untuk mencari jawaban yang benar sehingga lebih berkesan dan mudah diingat. Di samping itu siswa yang kemampuannya tergolong kurang, dapat termotivasi dan berusaha menyelesaikan permasalahan yang diberikan dengan bantuan anggota kelompoknya yang pintar, karena menurut mereka materi lebih mudah dipahami apabila diajar langsung oleh temannya. Kata kunci: Kualitas, problem based learning,dan scientific

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > MATEMATIKA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 18 Apr 2018 07:38
Last Modified: 18 Apr 2018 07:38
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/7631

Actions (login required)

View Item View Item