Eksplorasi Penalaran Mahasiswa dalam Menyelesaikan Soal Limit Fungsi Trigonometri pada Jurusan Pendidikan Matematika Universitas Muhammadiyah Parepare

DOLLO, ASDAR (2015) Eksplorasi Penalaran Mahasiswa dalam Menyelesaikan Soal Limit Fungsi Trigonometri pada Jurusan Pendidikan Matematika Universitas Muhammadiyah Parepare. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img] Text
Artikel.docx

Download (43kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penalaran mahasiswa dalam menyelesaikan soal limit fungsi trigonometri dan komparasi antara subjek berkemampuan tinggi (ST) dan subjek berkemampuan sedang (SS). Instrumen dalam penelitian ini adalah peneliti sendiri sebagai instrumen utama yang dipandu oleh tugas limit fungsi trigonometri dan pedoman wawancara yang valid dan reliabel. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara berbasis tugas. Subjek penelitian adalah mahasiswa semester V yang terdiri dari dua orang (1 orang subjek berkemampuan tinggi dan 1 orang subjek berkemampuan sedang ). Proses penelitian mengikuti tahap-tahap: (a) merumuskan indikator penalaran dalam pemecahan masalah matematika berdasarkan teori, (b) merumuskan instrumen pendukung (tugas limit fungsi trigonometri dan pedoman wawancara), (c) melakukan pengambilan subjek penelitian, (d) melakukan pengambilan data untuk mengungkap penalaran mahasiswa dalam menyelesaikan soal limit fungsi trigonometri, (e) melakukan triangulasi waktu untuk mendapatkan data yang valid, (f) melakukan analisis data penalaran mahasiswa dalam menyelesaikan soal limit fungsi trigonometri, (g) melakukan pembahasan hasil analisis, (h) melakukan penarikan kesimpulan hasil penelitian. Hasil penelitian menunjukkan: 1) persamaan penalaran subjek berkemampuan tinggi (ST) dan subjek berkemampuan sedang (SS) dalam menyelesaikan soal limit fungsi trigonometri adalah dalam menarik kesimpulan, 2) perbedaan penalaran subjek berkemampuan tinggi (ST) dan subjek berkemampuan sedang (SS) dalam menyelesaikan soal limit fungsi trigonometri terletak dalam hal menyajikan pernyataan matematika secara tulisan atau lisan, mengajukan dugaan, melakukan manipulasi matematika dan menyusun bukti atau solusi Kata kunci: penalaran, subjek berkemampuan tinggi, subjek berkemampuan sedang

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > MATEMATIKA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 18 Apr 2018 07:31
Last Modified: 18 Apr 2018 07:31
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/7629

Actions (login required)

View Item View Item