NURKANI, NURKANI (2015) Analisis Manajemen Kelas (Studi di SMA Negeri 5 Bulukumba). Diploma thesis, FIP.
Text
3. ISI.docx Download (118kB) |
Abstract
ABSTRAK Penelitian ini mengkaji Analisis Manajemen Kelas (Studi di SMA Negeri 5 Bulukumba). Rumusan masalah dalam penelitian adalah bagaimanakah gambaran manajemen kelas di SMA Negeri 5 Bulukumba pada aspek manajemen siswa dan organisasi fasilitas fisik kelas ? Berdasarkan rumusan masalah penelitian, maka tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran manajemen kelas di SMA Negeri 5 Bulukumba pada aspek manajemen siswa dan organisasi fasilitas fisik kelas. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian deskriptif kuantitatif yakni menggambarkan pelaksanaan manajemen kelas di SMA Negeri 5 Bulukumba. Populasi dalam penelitian ini adalah 24 responden yaitu 8 guru wali kelas I, 8 guru wali kelas II, dan 8 guru wali kelas III. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah kuesioner/angket dan dokumentasi, dengan teknik analisis persentase. Hasil penelitian menunjukkan manajemen kelas di SMA Negeri 5 Bulukumba pada manajemen siswa berada dalam katergori baik pada tiga aspek yaitu pengorganisasian dan penempatan siswa, penugasan siswa, pembimbingan siswa; dan organisasi fasilitas fisik kelas berada dalam kategori baik pada empat aspek yaitu pengaturan tempat duduk, pengaturan alat-alat pelajaran, pemeliharaan keindahan ruangan kelas dan cahaya dan ventilasi. Berdasarkan rangkuman hasil analisis data, dapat disimpulkan bahwa manajemen kelas di SMA Negeri 5 Bulukumba berada dalam kategori baik.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > ADMINISTRASI PENDIDIKAN - (S1) ILMU PENDIDIKAN |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | UPT PERPUSTAKAAN UNM |
Date Deposited: | 18 Apr 2018 07:19 |
Last Modified: | 18 Apr 2018 07:19 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/7626 |
Actions (login required)
View Item |