Analisis Manajemen Kelas (Studi di SMA Negeri 5 Bulukumba).

NURKANI, NURKANI (2015) Analisis Manajemen Kelas (Studi di SMA Negeri 5 Bulukumba). Diploma thesis, FIP.

[img] Text
3. ISI.docx

Download (118kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini mengkaji Analisis Manajemen Kelas (Studi di SMA Negeri 5 Bulukumba). Rumusan masalah dalam penelitian adalah bagaimanakah gambaran manajemen kelas di SMA Negeri 5 Bulukumba pada aspek manajemen siswa dan organisasi fasilitas fisik kelas ? Berdasarkan rumusan masalah penelitian, maka tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran manajemen kelas di SMA Negeri 5 Bulukumba pada aspek manajemen siswa dan organisasi fasilitas fisik kelas. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian deskriptif kuantitatif yakni menggambarkan pelaksanaan manajemen kelas di SMA Negeri 5 Bulukumba. Populasi dalam penelitian ini adalah 24 responden yaitu 8 guru wali kelas I, 8 guru wali kelas II, dan 8 guru wali kelas III. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah kuesioner/angket dan dokumentasi, dengan teknik analisis persentase. Hasil penelitian menunjukkan manajemen kelas di SMA Negeri 5 Bulukumba pada manajemen siswa berada dalam katergori baik pada tiga aspek yaitu pengorganisasian dan penempatan siswa, penugasan siswa, pembimbingan siswa; dan organisasi fasilitas fisik kelas berada dalam kategori baik pada empat aspek yaitu pengaturan tempat duduk, pengaturan alat-alat pelajaran, pemeliharaan keindahan ruangan kelas dan cahaya dan ventilasi. Berdasarkan rangkuman hasil analisis data, dapat disimpulkan bahwa manajemen kelas di SMA Negeri 5 Bulukumba berada dalam kategori baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > ADMINISTRASI PENDIDIKAN - (S1)
ILMU PENDIDIKAN
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 18 Apr 2018 07:19
Last Modified: 18 Apr 2018 07:19
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/7626

Actions (login required)

View Item View Item