Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe IInvestigasi Kelompok (IK) dan Tipe Jigsaw dalam Pembelajaran Matematika Materi Barisan dan Deret pada Siswa Kelas XI SMKN 1 Pinrang

RASDAH H, AMIRUDDIN (2015) Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe IInvestigasi Kelompok (IK) dan Tipe Jigsaw dalam Pembelajaran Matematika Materi Barisan dan Deret pada Siswa Kelas XI SMKN 1 Pinrang. S1 thesis, Pascasarjana.

[img] Text
JUrnal Amiruddin Rasdah H_Kelas Pare.doc

Download (420kB)

Abstract

ABSTRAK Suatu model pembelajaran yang melibatkan aktivitas berfikir dan bekerjasama dapat mempengaruhi pencapaian tujuan pembelajaran. Salah satu cara yang efektif untuk melibatkan aktivitas dan bekerja sama adalah dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif, maka seorang guru memiliki acuan perlakuan yang akan digunakan dalam pembelajaran matematika agar mampu mendorong peserta didik aktif, kreatif dan saling membantu satu dengan yang lain dalam menguasai materi pembelajaran untuk mencapai hasil belajar yang lebih maksimal, dengan demikian sebagai acuan untuk melakukan perlakuan pembelajaran matematika di kelas maka digunakan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Investgasi Kelompok (IK) dan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw, Sehingga pertanyaan yang muncul dalam penelitian ini adalah (i) Apakah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Investgasi Kelompok (IK) efektif terhadap pembelajaran? (ii) Apakah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw efektif terhadap pembelajaran? (iii) Apakah ada perbedaan antara penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Investgasi Kelompok (IK) dan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw terhadap pembelajaran? Tujuan penelitian ini adalah (i) Untuk mengetahui keefektifan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Investgasi Kelompok (IK) pembelajaran kooperatif efektif di terapkan pada pembelajaran matematika peserta didik kelas XI SMK Negeri 1 Pinrang, (ii) Untuk mengetahui keefektifan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw pembelajaran kooperatif efektif di terapkan pada pembelajaran matematika peserta didik kelas XI SMK Negeri 1 Pinrang, (iii) Untuk mengetahui ada perbedaan keefektifan penerapan model pembelajaran kooperatif Tipe Investigasi Kelompok (IK) dan Tipe Jigsaw pada peserta didik kelas XI SMK Negeri 1 Pinrang. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa ada perbedaan antara pembelajaran kooperatif model tipe Investigasi Kelompok (IK) dan pembelajaran kooperatif model tipe Jigsaw setelah diberikan perlakuan, artinya terdapat perbedaan secara signifikan antara rata-rata nilai sebelum dan setelah perlakuan. Ketuntasan belajar pembelajaran kooperatif model tipe Jigsaw ˃ 80% dari ketuntasan kelas pembelajaran kooperatif model tipe Investigasi Kelompok (IK) sebesar 76.67%, Hasil dari nilai posttest adalah terbukti penggunaan pembelajaran kooperatif model tipe Jigsaw lebih efektif dibandingkan dengan menggunakan pembelajaran kooperatif model tipe Investgasi Kelompok (IK), sehingga pembelajaran kooperatif model tipe Jigsaw lebih efektif dan meningkatkan hasil belajar matematika peserta didik.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA
PASCASARJANA > MATEMATIKA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 16 Apr 2018 06:31
Last Modified: 16 Apr 2018 06:31
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/7554

Actions (login required)

View Item View Item