.Upaya Meningkatkan Kesegaran Jasmani Melalui Pembelajaran Penjas Siswa Sekolah Dasar Negeri 257 Akkalibatue Kab.Soppeng

HARIS, ABDUL (2015) .Upaya Meningkatkan Kesegaran Jasmani Melalui Pembelajaran Penjas Siswa Sekolah Dasar Negeri 257 Akkalibatue Kab.Soppeng. S1 thesis, Pascasarjana.

[img] Text
24. Abdul Haris jurnal.doc

Download (236kB)

Abstract

ABSTRAK ABDUL HARIS. 2015.Upaya Meningkatkan Kesegaran Jasmani Melalui Pembelajaran Penjas Siswa Sekolah Dasar Negeri 257 Akkalibatue Kab.Soppeng .(Dibimbing oleh Prof. Dr. A. Ihsan, M. Kes.dan Dr. Anto Sukamto, M. Pd,) Penelitianinibertujuanmendeskripsikan perencanaan, tindakan, observasi refleksi dan penerapan PembelajaranPenjas dalam Upaya Kesegaran Jasmani Siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri 257 Akkalibatue Kab.Soppeng Penelitianinimerupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan sebanyak 4 kali Pertemuan di Siklus I dan Siklus II dan di rancang melalui empat tahapan yaitu Perencanaan, Pelaksanaan, Observasi dan Refleksi. Data Penelitian ini adalah hasil belajar dan kesegaran jasmani siswa . Sumber data Penelitian ini adalah Siswa Sekolah Dasar Negeri 257 Akkalibatue Kab.Soppeng yang berjumlah 20 orang. Pengumpulan data hasil belajar dankesegaran jasmani dilakukan dengan memberikan soal-soal latihan, dan menggunakan lembar penilaian proses gerak aktititas fisik berupa sit-up, back-up, mencium lutut, membungkuykkan badan, meliukkan badan ke kiri dan ke kanan pada Siklus I dan Siklus II. Data yang terkumpul dianalisis secara Kuantitatif dan Kualitatif. Hasil analisis Kuantitatif data Hasil belajar dan kesegaran jasmanimenunjukkan bahwa jumlah Murid yang tuntas pada Siklus I adalah 6 orang dengan persentase 30% dan jumlah Murid yang tuntas pada Siklus II adalah 20 orang dengan persentase 100%. Hasil analisis Kualitatif menunjukkan bahwa terdapat peningkatan Hasil Belajar dan kesegaran jasmani siswa yang signifikan. Berdasarkan Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pembelajaran penjas dapat Meningkatkan kesegaran jasmani Siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri 257 Akkalibatue Kab.Soppeng ABSTRAK Penelitianinibertujuanmendeskripsikan perencanaan, tindakan, observasi refleksi dan penerapan PembelajaranPenjas dalam Upaya Kesegaran Jasmani Siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri 257 Akkalibatue Kab.Soppeng Penelitianinimerupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan sebanyak 4 kali Pertemuan di Siklus I dan Siklus II dan di rancang melalui empat tahapan yaitu Perencanaan, Pelaksanaan, Observasi dan Refleksi. Data Penelitian ini adalah hasil belajar dan kesegaran jasmani siswa . Sumber data Penelitian ini adalah Siswa Sekolah Dasar Negeri 257 Akkalibatue Kab.Soppeng yang berjumlah 20 orang. Pengumpulan data hasil belajar dankesegaran jasmani dilakukan dengan memberikan soal-soal latihan, dan menggunakan lembar penilaian proses gerak aktititas fisik berupa sit-up, back-up, mencium lutut, membungkuykkan badan, meliukkan badan ke kiri dan ke kanan pada Siklus I dan Siklus II. Data yang terkumpul dianalisis secara Kuantitatif dan Kualitatif. Hasil analisis Kuantitatif data Hasil belajar dan kesegaran jasmanimenunjukkan bahwa jumlah Murid yang tuntas pada Siklus I adalah 6 orang dengan persentase 30% dan jumlah Murid yang tuntas pada Siklus II adalah 20 orang dengan persentase 100%. Hasil analisis Kualitatif menunjukkan bahwa terdapat peningkatan Hasil Belajar dan kesegaran jasmani siswa yang signifikan. Berdasarkan Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pembelajaran penjas dapat Meningkatkan kesegaran jasmani Siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri 257 Akkalibatue Kab.Soppeng

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA
PASCASARJANA > Jasmani dan Olahraga (S2)
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 13 Apr 2018 08:15
Last Modified: 13 Apr 2018 08:15
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/7519

Actions (login required)

View Item View Item