Efektivitas Pembelajaran Kooperatif tipe STAD dengan Pendekatan Saintifik Strategi Penugasan Multi Level Instruction terhadap Pelajaran Matematika di Kelas VIII Pondok Pesantren Modern IMMIM Putra Makassar

MAHMUD, RANDY SAPUTRA (2015) Efektivitas Pembelajaran Kooperatif tipe STAD dengan Pendekatan Saintifik Strategi Penugasan Multi Level Instruction terhadap Pelajaran Matematika di Kelas VIII Pondok Pesantren Modern IMMIM Putra Makassar. S1 thesis, Pascasarjana.

[img] Text
jurnal randy_revisi.docx

Download (78kB)

Abstract

ABSTRAK Pembelajaran dengan Strategi Penugasan Multi Level Instruction merupakan pembelajaran yang mengadopsi sistem penjualan dengan Strategi Multi Level Marketing dengan ciri khusus terdapat siswa sebagai downline tingkat satu dan downline tingkat dua serta guru bertindak sebagai sebagai upline. Pembelajaran multi level instruction dikondisikan oleh peneliti di sekolah berasrama yakni berlokasi di Pondok Pesantren Modern IMMIM Putra Makassar. Unit Penelitian terdiri atas dua kelas dari kelas VIII yang masing-masing diberlakukan sebagai kelompok eksperimen satu dan kelompok eksperimen dua. Terhadap kelompok eksperimen satu diberikan pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan pendekatan saintifik dan strategi penugasan multi level instruction, dan terhadap kelompok eksperimen dua diberikan pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan pendekatan saintifik strategi penugasan biasa. Data hasil penelitian berupa hasil belajar, respon, aktifitas, dan sikap siswa. Secara deskriptif, hasil belajar matematika siswa kelompok eksperimen satu sama dengan kelompok eksperimen dua yakni keduanya memenuhi kriteria ketuntasan klasikal, namun dari segi persentase siswa yang tuntas, kelompok eksperimen satu lebih banyak dibanding kelompok eksperimen dua. Hal ini juga ditunjukkan secara inferensial bahwa hasil belajar kelompok eksperimen satu lebih tinggi dibanding hasil belajar kelompok eksperimen dua. Untuk respon siswa, secara deskriptif respon kelompok eksperimen satu memiliki kategori yang sama dengan kelompok eksperimen dua. Hal ini juga tidak jauh beda dengan hasil uji statistik inferensial, bahwa tidak terdapat perbedaan rerata respon antara kelompok eksperimen satu dan kelompok eksperimen dua. Namun dari segi angka deskriptif, skor rata-rata respon kelompok eksperimen dua lebih tinggi dibanding skor rata-rata kelompok eksperimen satu. Untuk aspek aktifitas siswa, untuk aktifitas yang diharapkan pada kelompok eksperimen satu dan dua memiliki kriteria yang sama, namun secara deskriptif skor rata-rata kelompok eksperimen satu lebih tinggi dibanding kelompok eksperimen dua. Untuk aspek sikap, kelompok eksperimen satu dan dua memiliki penilaian kedisiplinan, rasa hormat dan perhatian yang sama. Sedangkan untuk aspek ketekunan dan tanggung jawab, kelompok eksperimen dua memiliki kategori penilaian yang lebih baik dibanding kelompok eksperimen satu. Keefektifan pembelajaran ditinjau dari hasil belajar dan respon siswa, menunjukkan bahwa pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan pendekatan saintifik baik dengan strategi penugasan multi level instruction maupun strategi penugasan biasa, keduanya efektif untuk diterapkan dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > MATEMATIKA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 13 Apr 2018 07:31
Last Modified: 13 Apr 2018 07:31
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/7507

Actions (login required)

View Item View Item