Profil Kesalahan dalam Menyelesaikan Masalah Pertidaksamaan Siswa Kelas XI-MIA-1 SMA Negeri 1 Pangkajene

AGUSALIM, AGUSALIM (2015) Profil Kesalahan dalam Menyelesaikan Masalah Pertidaksamaan Siswa Kelas XI-MIA-1 SMA Negeri 1 Pangkajene. S1 thesis, Pascasarjana.

[img] Text
artikel agus.doc

Download (53kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bertujuan untuk menggambarkan kesalahan-kesalahan yang dilakukan oleh siswa yaitu kesalahan konseptual dan kesalahan procedural serta factor-faktor yang menyebabkan kesalahan-kesalahan tersebut terjadi ditinjau dari segi kognitifnya saja yang meliputi hal-hal yang berhubungan dengan kemampuan intelektual subjek dan cara subjek memproses atau melakukan penyelesaian masalah pertidaksamaan. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI-MIA-1 SMA Negeri 1 Pangkajene yang terdiri dari 2 subjek yaitu Subjek 1 (SR) dan subjek 2 (MN). Peneliti bertindak sebagai instrument utama yang dipadu oleh tes diagnostik yang dikonfirmasi kembali oleh pedoman wawancara, serta melakukan triangulasi teknik untuk mendapatkan data yang valid. Hasil penelitian menunjukkan 1) SR melakukan kesalahan konseptual yaitu kesalahan dalam menyatakan ulang sebuah konsep, tidak dapat menyajikan konsep ke dalam berbagai bentuk, kesalahan dalam mengaitkan berbagai konsep, kesalahan dalam menggunakan, memanfaatkan dan memilih prosedur atau operasi tertentu dalam menyelesaikan soal. dan kesalahan procedural yaitu kesalahan yang berhubngan dengan materi prasyarat, kesalahan atau ketidakmampuan dalam memanipulasi langkah-langkah dalam menyelesaikan soal, melakukan melakukan penyimpulan tanpa alasan yang benar, kesalahan ketidakteraturan langkah-langkah dalam menyelesaikan soal, 2) MN melakukan kesalahan konseptual yaitu kesalahan subjek tidak dapat menyatakan ulang konsep, kesalahan dalam mengaitkan berbagai konsep dan kesalahan procedural, salah dalam menggunakan, memanfaatkan dan memilih prosedur atau operasi tertentu dalam menyelesaikan soal, kesalahan dalam melakukan penyimpulan tanpa alasan yang benar dan kesalahan procedural yaitu kesalahan dalam melakukan penyimpulan tanpa alasan yang benar, ketidak mampuan memanipulasi langkah-langkah untuk menjawab suatu soal, melakukan kesalahan yang berhubungan dengan kemampuan siswa terhadap materi prasyarat, kesalahan ketidakteraturan langkah-langkah dalam menyelesaikan soal.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > MATEMATIKA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 13 Apr 2018 06:10
Last Modified: 13 Apr 2018 06:10
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/7483

Actions (login required)

View Item View Item